back to top
Selasa, Juli 16, 2024
BerandaRIVIEWGejala Kampas Ganda Motor yang Harus Segera Diganti

Gejala Kampas Ganda Motor yang Harus Segera Diganti

Kampas Ganda Motor yang Harus Segera Diganti

Aufaproject46.com – Hay Bro & Sist, Hai sobat bikers! Apa kabar? Semoga kalian selalu dalam kondisi prima dan motor kalian juga selalu dalam performa terbaik. Ngomong-ngomong soal performa motor, khususnya motor matic, ada satu komponen vital yang perlu kalian perhatikan, yaitu kampas ganda.

Kalau kamu merasa tarikan motor matic mulai gak responsif atau bahkan ngeden saat melibas tanjakan, bisa jadi kampas gandanya sudah minta diganti. Kampas ganda berperan sangat vital pada motor matic. Nah, berikut tanda-tanda kampas ganda sudah mulai aus dan karenanya perlu segera diganti biar performa motormu kembali ke puncaknya.

Kampas Ganda Motor

Tarikan Motor Jadi Loyo

Salah satu tanda kalau kampas ganda sudah waktunya diganti adalah tenaga motor yang menjadi loyo. Gejala ini akan sangat terasa di tanjakan, motor seolah tidak mau lari padahal gas sudah dipuntir dalam-dalam. Selain itu, akselerasi motor juga berkurang secara signifikan. Kalau gejala ini terjadi di motormu, sangat mungkin kampas ganda sudah minta diganti. Segera bawa ke bengkel. Sebab tenaga motor yang loyo gak hanya bikin hati mangkel, tapi juga bikin konsumsi bensin jadi sangat boros.

Motor Jadi Gredek

Gejala lain kampas ganda yang sudah aus adalah munculnya getaran atau gredek pada motor. Getaran atau gredek tersebut disebabkan oleh gesekan langsung antara besi mangkok kampas ganda dengan besi sepatu kampas ganda lantaran kampasnya sudah habis. Seharusnya besi mangkok kampas ganda bergesekan dengan kampas, tapi karena kampasnya sudah habis, jadinya besi mangkok kampas ganda bergesekan dengan dudukan kampas. Hasilnya motor menjadi gredek saat diajak berakselerasi.

Baca Juga :   Perbandingan Kawasaki KLX 150 dan Honda CRF 150L

Mengganti Kampas Ganda Setelah Pemakaian 35 Ribu Km

Untuk memastikan kampas ganda sudah aus, kamu bisa membongkar bagian CVT motormu. Jika ketebalan kampas ganda sudah berkurang sekitar 1 mm dari kondisi baru, itu berarti kampas tersebut sudah waktunya diganti dengan yang baru. Hanya saja pergantian kampas ganda sebaiknya dilakukan setelah motor menempuh jarak 24 ribu hingga 35 ribu kilometer. Jadi, sebelum motor kehilangan tenaga dan sebelum getaran serta gredek muncul, kamu sudah harus mengganti kampas ganda.

Pentingnya Perawatan Rutin pada Motor Matic

Merawat motor matic bukan hanya soal menjaga tampilan luarnya saja, tapi juga memastikan setiap komponen dalamnya berfungsi dengan baik. Salah satu komponen yang sering terlupakan adalah kampas ganda. Padahal, perannya sangat penting untuk kenyamanan dan performa motor. Dengan melakukan pengecekan dan perawatan rutin, kamu bisa menghindari berbagai masalah yang mungkin timbul akibat kampas ganda yang aus.

Kampas Ganda Motor

Cara Mengecek Kondisi Kampas Ganda

Untuk mengecek kondisi kampas ganda, kamu bisa melakukan beberapa langkah sederhana. Pertama, dengarkan suara mesin motor saat dinyalakan. Jika terdengar suara berisik atau gredek yang tidak biasa, bisa jadi itu tanda kampas ganda sudah aus. Kedua, perhatikan akselerasi motor. Jika motor terasa loyo atau sulit menanjak, segera periksa kampas gandanya. Ketiga, cek fisik kampas ganda. Jika ketebalannya sudah berkurang signifikan, sebaiknya segera diganti.

Kesimpulan: Jangan Tunda Ganti Kampas Ganda

Mengabaikan tanda-tanda kampas ganda yang aus bisa berakibat fatal pada performa motor maticmu. Jangan tunda untuk melakukan pergantian kampas ganda jika kamu merasakan gejala-gejala seperti tarikan motor yang loyo atau getaran yang tidak biasa. Dengan melakukan pergantian tepat waktu, kamu bisa menjaga performa motor tetap prima dan berkendara dengan nyaman. Jadi, selalu perhatikan kondisi kampas ganda dan lakukan perawatan rutin agar motor maticmu tetap dalam kondisi terbaik.

Baca Juga :   Penyebab Motor Beat Injeksi Mati Mendadak

Demikianlah artikel tentang Gejala Kampas Ganda Motor yang Harus Segera Diganti, yang kami rangkum untuk Anda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Butuh Aksesoris   motor? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami Aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

 

Sekian artikel kali ini dari saya. Terima kasih sudah membaca sampai habis. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman kalian yang mungkin membutuhkan informasi ini juga. Sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya. Selamat Mencoba, Salam hangat dari saya

admin
adminhttps://aufaproject46.com/
Media Online Otomotif dan modifikasi motor
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments