Daftar Ukuran Shock Belakang Motor Yamaha Honda Kawasaki Suzuki

Daftar Ukuran Shock Belakang Motor Yamaha Honda Kawasaki Suzuki

Aufaproject46.com – Dimensi Shock Absorber Belakang Sepeda Motor – Shock absorber atau yang lebih sering kita sebut dengan Shock atau Sokbreker adalah bagian komponen sepeda motor atau mobil yang berfungsi untuk menyerap getaran dari kaki-kaki mobil atau motor. Suku cadang sepeda motor yang paling banyak dimodifikasi adalah shock absorber belakang sepeda motor dan shock absorber depan.

Modifikasi biasanya dilakukan pada shock belakang atau shock depan sepeda motor, yang meliputi penambahan atau pengurangan ketinggian, dan pengerasan atau pelunakan peredam kejut. Selain itu, banyak orang yang tidak menyukai shock bawaan pabrik dan ingin menggantinya dengan shock custom atau aksesoris motor lainnya.

Daftar Ukuran Shock Belakang Motor

Shock absorber belakang sepeda motor paling banyak dimodifikasi oleh para pecinta sepeda motor. Saat memodifikasi shock absorber belakang sepeda motor tentunya kita harus mengetahui apakah ukuran shock absorber belakang sepeda motor itu bawaan pabrik atau standar aslinya.

Tanda tanda Shock belakang motor rusak

Bukan hanya karena alasan estetika atau gaya belaka, namun penggantian shock belakang juga harus berdasarkan alasan fungsional dan patut mendapat perhatian khusus. Cara termudah adalah dengan memeriksa kebocoran minyak pada pipa.

Jika ada kebocoran oli, itu adalah sinyal terbesar untuk menggantinya. Oli yang keluar biasanya berasal dari dumper internal atau gandar. Juga, Anda dapat memeriksa kinerja suspensi belakang dengan tandem atau bersepeda.

Jika terasa goyah pada saat melintasi atas lubang, jalan tidak rata, atau gundukan kecepatan, itu pertanda suspensi buruk dan sebaiknya segera diganti. Jadi, bagaimana Anda memilihnya?

Tips memilih shock belakang motor

Ukuran merupakan hal terpenting saat memutuskan untuk mengganti shock belakang sepeda motor. Jangan lebih pendek atau lebih panjang dari ukuran standar bawaan pabrik. Jika lebih pendek, motor akan lebih rata sehingga bagian bawah motor akan lebih sering bertabrakan dengan jalan. Apalagi sedang melintasi polisi yang sedang tidur.

Sebaliknya jika terlalu panjang, bagian belakang sepeda akan lebih tinggi dari bagian depan. Secara otomatis pengemudi dan penumpang akan menunggu dan posisi tubuh akan lebih melengkung sehingga semakin tidak nyaman.

Bagaimana mengukurnya?

Cara mengukurnya adalah dengan mengukurnya secara manual dengan melepasnya dan mengukurnya dengan penggaris. Pengukuran yang benar adalah ukuran titik tengah lubang atas dan bawah.

Selain itu, Anda harus benar-benar tahu bahwa ukuran bawaan pabrik lebih akurat dan nyaman digunakan, karena lebih berbahaya jika Anda secara tidak sengaja menggantinya tanpa mengetahui penggunaan standar, mempengaruhi postur dan mengubah fungsi asli dari motor itu sendiri.

Baiklah, tanpa basa-basi lagi, shock belakang dari beberapa sepeda motor yang populer di pasar Indonesia yaitu Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki dan pabrikan sepeda motor lainnya.

Ukuran Panjang Shock Belakang Pada Umumnya

Daftar Ukuran Shock Belakang Motor

Sebagian besar sepeda motor Honda, Yamaha, Suzuki dan Kawasaki memiliki peredam kejut belakang dalam 5 ukuran, Panjang 280 mm, 300 mm, 320 mm, 350 mm dan Panjang 336 mm. Ukuran ini berasal dari model mobil balap, motor matic dan bebek.

Selain itu, ada dimensi minimum, yaitu di mana shock absorber didorong secara maksimal. Selisih antara panjang dan minimum adalah jarak bola dimainkan atau dipukul.

Selain mengetahui data panjang ukuran shock absorber belakang sepeda motor, agar dapat saling menggantikan juga perlu diketahui jenis braket atas dan bawah. Ada dua jenis tunggangan, yaitu O (bulat) atau disebut mata karena bentuknya seperti mata, dan model kedua adalah tipe Y atau yoke. Selain itu, ada pertimbangan lain yaitu jenis motor.

ukuran panjang shock belakang sepeda motor matic pada umumnya

Sepeda motor matic juga memiliki panjang shock yang berbeda, dan bagi mereka yang ingin melakukan retrofit pada sepeda motor matic, Anda dapat melihat shock belakang sepeda motor matic Honda dan Yamaha dalam beberapa ukuran di bawah ini. Shock belakang motor matic tersedia dalam 2 ukuran, yaitu 300mm/305mm dan 325mm/330mm.

Daftar Motor Matic dengan ukuran shock belakang 300mm / 305mm

ukuran panjang shock belakang motor matic yamaha

  • Yamaha Mio Sporty
  • Yamaha Mio Soul
  • Yamaha Mio J
  • Yamaha Soul GT
  • Yamaha Mio GT
  • Yamaha Xeon
  • Yamaha Xeon GT 125
  • Yamaha Aerox

Ukuran Panjang shock belakang motor honda

  • Honda Beat Karbu
  • honda vario Karbu
  • Honda Scoopy Karbu
  • Honda Space karbu
  • Honda Vario 110 injeksi

Daftar Ukuran Shock Belakang Motor

Daftar Motor Matic dengan Ukran Shock Belakang 325mm / 330mm

  • Honda Vario 125
  • honda vario 150
  • Honda Beat injeksi
  • Injektor Honda Scoopy
  • Yamaha X Ride
  • Yamaha Nmax

Ukurang Shoc Belakang Banyak Digunakan Pada Umumnya

Selain itu, ada beberapa shock belakang sepeda motor yang banyak digunakan dan laris di pasaran. Ini mungkin karena shock belakang sepeda motor panjangnya pas dan cocok untuk dimodifikasi.

Oke, berikut ini adalah daftar ukuran shock belakang yang paling banyak digunakan untuk Honda, Yamaha, Suzuki dan Kawasaki.

Ukuran Shock belakang Beat Fi dan Vario Dimensi Shock Belakangnya sebagai berikut

Shock belakang beat & vario tersedia dalam ukuran 33cm dan 35cm. Terlepas dari modelnya, datanya ada di sini.

  • Panjang shock belakang Beat Fi: 33 cm
  • Panjang shock belakang Beat Pop: 33 cm
  • Panjang shock belakang Beat ESP: 33 cm
  • Panjang shock belakang Beat Street: 33 cm
  • Dimensi Panjang Shock Honda Vario 125 : 35 cm
  • Dimensi Panjang Shock Honda Vario 150 : 35 cm

Ukuran Shock Belakang RX King

Data dari shock belakang yamaha rx king rx k asli federal, part number = FP-F22A0-RXK-2700

Panjang shock belakang RX King: 320 mm

Ukuran Shock Belakang Tiger & Megapro

Shock Tiger revo adalah yang paling populer. Shock belakang Tiger Revo memang oke dari segi bentuk, karena memiliki ban dalam. Panjang shock belakang Tiger revo ke bawah megapro ok.

  • Panjang shock belakang Tiger revo: 32cm
  • Panjang Shock Megapro Legacy: 32cm
  • Panjang shock belakang GL Pro: 32cm

Ukuran Shock Belakang Aerox & Nmax

Shock breaker Nmax dan Aerox juga populer. Shock belakang NMAX dan Aerox 155 memiliki ketinggian yang berbeda. Di bawah ini adalah daftar ukuran lengkapnya

  • Panjang shock belakang NMAX: 33,29 cm
  • Panjang Shock Belakang Aerox 155: 30,49 cm

Ukuran Shock Belakang Jupiter Z & Vega

Kalian pasti tahu kalau Jupiter dan Vega adalah motor buatan Yamaha, ya kedua motor memiliki panjang shock yang sama dengan Parts Code : 5TP-F2210-10 panjang shock 270mm Untuk Sepeda Motor Jupiter Jupiter Z All jupiter All Vega Crypton bisa juga di pakai di Yamaha F1ZR

Ukuran Shock Belakang Supra 125.

Terakhir ada shock belakang supra x 125, Supra 125 ini memiliki beberapa keluaran dan tentunya memiliki ukuran yang berbeda untuk panjang shock belakang motor.

  • Panjang Shock Belakang Dimensi Honda Supra X125 karburator : 340 mm
  • Panjang Shock Belakang Supra X125 FI: 320mm

Syarat Memodifikasi atau mengganti shock belakang non-pabrik

Daftar Ukuran Shock Belakang Motor

Hal yang harus diperhatikan saat menggunakan suku cadang yang bukan bawaan pabrik atau merek yang berbeda adalah memiliki ukuran yang sama. Misalnya, Yamaha Mio dan Honda Beat bisa saling menggantikan karena ukurannya sama, sama-sama 300mm.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah dudukan atas dan bawah harus dari jenis yang sama agar pas. Ada dua jenis mount. Yang pertama berbentuk O atau berbentuk bulat, berbentuk seperti mata, seperti yang sering disebut mata. Yang kedua adalah bentuk Y atau yang biasa disebut yoke.

Selain itu, ada beberapa pertimbangan dasar saat menggunakan setelan bawaan non pabrik, yaitu jenis motor itu sendiri. Mengganti rangka motor yang berbeda tidak disarankan. Misalnya motor matic dan motorsport tidak boleh ditukar. Karena jika digunakan pada motor sport akan terlalu lembek dan sebaliknya.

Tips agar Shock Belakang tetap awet

Bersihkan dengan Rutin

Kotoran atau lumpur yang menempel dan tidak dibersihkan dalam waktu lama merupakan faktor utama keausan shock belakang karena mengancam komponen suspensi belakang. Jika ada kotoran di sisi poros kerja, maka akan mempercepat kerusakan karet dan piston motor.

Mengurangi Benturan

Hindari lubang dan gundukan agar sepeda motor tidak mengalami goncangan keras atau terlalu sering melompat. Apalagi jika Anda menabraknya dengan kecepatan tinggi. Jika tidak ada saluran lain, kecepatan motor harus dikurangi.

Hindari kelebihan beban

Setiap pabrikan sepeda motor pasti memiliki standar tugas beratnya sendiri. Kami menyarankan Anda untuk mengikuti rekomendasi pabrikan untuk beban motor. Karena jika beban terlalu berat, kerja suspensi otomatis juga akan lebih berat. Hal ini juga sering membuat motor terasa lebih goyang saat dikendarai.

Jadi tidak ada alasan untuk asal mengganti shock belakang motor kalian. Performa sepeda motor yang baik bukan hanya soal harga merek dan nama besar saja, tetapi juga soal fitur dan cara kita sebagai pengendara merawatnya agar memberikan rasa aman dan nyaman saat berkendara.

Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan wawasan baru mengenai daftar panjang shock belakang motor yamaha, Honda, Suzuki, Kawasaki.

Bagikan:

Tinggalkan komentar

/