Daftar Motor Honda Yang Menggunakan Rangka eSAF, Simak Kelebihan dan Kekurangannya

admin

Daftar Motor Honda Yang Menggunakan Rangka eSAF

Aufaproject46.com – Hay Bro & Sist, Motor Honda telah lama menjadi pilihan favorit para pengendara di Indonesia. Dikenal dengan reputasi yang kuat dalam hal kualitas, performa, dan daya tahan, Honda terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan para penggemarnya. Salah satu inovasi terbaru yang diperkenalkan Honda adalah penggunaan rangka ESaf pada beberapa model motornya. Dalam artikel ini, kita akan membahas daftar motor Honda yang menggunakan rangka ESaf dan manfaat yang ditawarkannya.

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang daftar motor Honda yang menggunakan rangka ESaf, penting untuk memahami apa itu rangka ESaf. Rangka ESaf adalah teknologi terbaru yang dikembangkan oleh Honda untuk meningkatkan keamanan dan stabilitas saat berkendara. Dibuat dengan menggunakan material yang ringan dan kuat, rangka ESaf memberikan kekuatan ekstra pada motor Honda, sehingga memberikan perlindungan lebih baik bagi pengendara dalam kecelakaan.

Rangka motor Honda eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) adalah platform rangka yang telah dikembangkan oleh Honda dengan tujuan meningkatkan kinerja, ketahanan, dan keamanan sepeda motor. Ini merupakan inovasi teknologi yang didesain untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih baik dan stabil kepada para pengendara.

Rangka eSAF dibuat dari plat baja yang ditekuk menjadi bentuk rangka, kemudian disatukan melalui proses pengelasan. Melihat rangka eSAF ini, Admin teringat akan rangka motor Astrea Prima.

Namun, dalam beberapa waktu terakhir, banyak pelanggan Honda yang mengeluh tentang keroposnya rangka eSAF yang akhirnya patah. Banyak yang menduga bahwa masalah ini mungkin terjadi karena banyaknya titik sambungan hasil pengelasan yang membuat rangka menjadi cepat berkarat. Saat ini, Honda masih tengah menyelidiki penyebab pasti dari masalah tersebut.

Baca Juga :   Macam-Macam Master Rem Brembo untuk Motor

Daftar Motor Honda Yang Menggunakan Rangka eSAF

Berikut adalah daftar motor Honda yang menggunakan Rangka eSAF:

1. Honda Genio

Honda Genio adalah skuter matik dengan desain kompak dan modern. Dengan menggunakan rangka eSAF, Genio memberikan keseimbangan yang optimal saat berkendara di perkotaan. Rangka ini juga mengurangi getaran dan meningkatkan stabilitas.

2. Honda Beat

Motor skuter populer, Honda Beat, juga dilengkapi dengan rangka eSAF. Dengan desain ramping dan teknologi rangka canggih, Beat merupakan pilihan yang tepat bagi pengendara perkotaan yang menginginkan kenyamanan dan performa yang unggul.

3. Honda Beat Street

Varian Honda Beat yang berfokus pada gaya dan penampilan, yaitu Honda Beat Street, juga menggunakan rangka eSAF. Dengan rangka ini, pengendara dapat menikmati kenyamanan sehari-hari dan tampil dengan gaya yang menarik.

4. Honda Scopy

Honda Scopy, skuter klasik dengan sentuhan modern, juga mengadopsi teknologi rangka eSAF. Rangka ini membantu Scopy memberikan keseimbangan yang dibutuhkan saat menghadapi jalan-jalan perkotaan yang ramai.

5. Honda Vario 160

Model lain yang menggunakan rangka eSAF adalah Honda Vario 160. Dengan teknologi ini, Vario 160 menawarkan stabilitas yang lebih baik saat berkendara di berbagai kondisi jalan.

Jadi, apabila jenis motor Honda yang Anda miliki tidak tercantum di atas, maka motor Honda Anda masih menggunakan rangka Underbone, bukan rangka eSAF.

Itulah daftar motor Honda yang telah mengadopsi rangka eSAF. Dengan berbagai model pilihan yang menggunakan teknologi ini, pengendara dapat memilih motor yang sesuai dengan gaya hidup dan kebutuhan berkendara mereka, meskipun perlu diingat bahwa rangka eSAF memiliki kelemahan dalam hal ketahanan terhadap karat.

Daftar Motor Honda Yang Menggunakan Rangka eSAF

Kelebihan dan Kekurangan Rangka eSAF pada Motor Honda

Apa saja kelebihan dan kekurangan dari penggunaan Rangka eSAF pada sepeda motor Honda? Mengapa AHM memutuskan untuk beralih dari rangka underbone ke platform rangka baru, yaitu rangka eSAF?

Baca Juga :   Dampak Harga Motor Honda Bekas Akibat Viralnya Kasus Rangka Esaf yang Patah

Kelebihan Rangka eSAF

Rangka eSAF memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan dengan rangka motor lainnya, yang perlu ditekankan secara teoritis:

Bobot Ringan

Keunggulan utama Rangka eSAF adalah bobotnya yang ringan. Rangka eSAF menggunakan material baja berkualitas dengan ketebalan yang bervariasi sesuai kebutuhan. Ini menghasilkan pengurangan total berat sekitar 8-9%. Akibatnya, bobot keseluruhan motor dapat dikurangi.

Bobot yang lebih ringan ini memberikan manfaat dalam hal handling yang lebih responsif dan juga efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

Kekuatan Tinggi

Keunggulan lain dari Rangka eSAF pada Motor Honda adalah kekuatannya yang tinggi. Rangka eSAF didesain secara efisien dengan mengurangi jumlah sambungan dan proses pengelasan. Kekuatan yang tinggi ini membuat motor lebih tahan terhadap benturan dan beban yang dihadapi, selama rangkanya dalam kondisi yang baik. Namun semua itu hanya (KATANYA)

Bagasi yang Luas

Kelebihan terakhir dari rangka eSAF adalah peningkatan ruang bagasi motor. Desain rangka yang sederhana dan minim sekali tekukan membuat bagasi motor menjadi lebih luas. Selain itu, hal ini juga memungkinkan pengoptimalan ukuran tangki bahan bakar yang digunakan.

Kekurangan Rangka eSAF

Meskipun memiliki banyak kelebihan, rangka eSAF juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan, di antaranya:

Harga yang Lebih Tinggi

Kekurangan pertama dari Rangka eSAF adalah harganya yang lebih tinggi. Rangka eSAF memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan rangka konvensional karena penggunaan material, desain, dan proses produksi yang berbeda. Harga yang lebih tinggi ini dapat mengakibatkan biaya perawatan dan penggantian rangka menjadi lebih tinggi jika terjadi kerusakan.

Ketersediaan Terbatas

Kelemahan lain dari Rangka eSAF pada motor Honda adalah ketersediaannya yang terbatas. Rangka eSAF memiliki ketersediaan yang lebih terbatas daripada rangka konvensional. Keterbatasan ini dapat menyulitkan dalam mencari rangka pengganti jika terjadi kerusakan atau kehilangan. Selain itu, proses pemesanan yang memakan waktu dan melalui proses yang panjang membuatnya semakin sulit untuk mendapatkan rangka ini.

Baca Juga :   Ukuran Ban Motor Satria FU: Panduan Lengkap untuk Memilih Ban yang Tepat

Kerentanan Terhadap Karat

Kekurangan terakhir dari Rangka eSAF adalah kerentanannya terhadap karat yang lebih rendah dibandingkan dengan rangka konvensional. Hingga saat ini, cat pada rangka eSAF belum mencapai kualitas atau ketebalan terbaik. Terutama, cat pada bagian sambungan rangka seringkali mudah terkelupas. Hal ini mengakibatkan rangka menjadi lebih terbuka dan rentan terhadap kerusakan.

Kerentanan terhadap karat ini membuat rangka mudah berkarat jika terkena air, udara, atau bahan kimia. Terlebih lagi, jika tidak diperiksa secara rutin dan sudah mengalami korosi, perbaikannya akan lebih sulit.

Oleh karena itu, bagi teman-teman yang memiliki motor Honda dengan rangka eSAF, sangat penting untuk secara rutin memeriksa bagian rangka. Jika sudah terdapat tanda-tanda karat, segera bersihkan menggunakan amplas atau sikat kawat. Untuk hasil yang optimal, dapat melakukan pengecatan ulang dengan cat yang berkualitas dan penutup pelindung yang berkualitas pula.

Daftar Motor Honda Yang Menggunakan Rangka eSAF

(UPDATE 8/09/2023) Salah satu kelemahan dari Rangka eSAF adalah kurangnya pelapisan cat di bagian dalamnya, seperti yang telah diungkap oleh media otomotif. Karena bagian dalam rangka tidak dilapisi cat, proses terjadinya karat akan berlangsung lebih cepat, karena tidak ada perlindungan untuk permukaan logamnya.

Sebagai solusi, mengecat ulang seluruh rangka tidak akan memberikan hasil yang optimal, meskipun ada bengkel cat yang dapat melakukannya di bagian dalam rangka.

Demikianlah penjelasan tentang Rangka eSAF pada Motor Honda dan daftar motor Honda yang menggunakan teknologi ini.

Nah demikianlah pembahasan tentang Daftar Motor Honda Yang Menggunakan Rangka eSAF, semoga artikel ini bermamfaat sekian dan terimakasih

Butuh Aksesoris motor? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami Aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Sekian artikel kali ini dari saya. Terima kasih sudah membaca sampai habis. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman kalian yang mungkin membutuhkan informasi ini juga. Sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya. Selamat Mencoba, Salam hangat dari saya!

Artikel Terkait

Bagikan:

admin

Media Online Otomotif dan modifikasi motor

Tinggalkan komentar