Cara Mudah Perbaiki Busi Motor,

Cara Mudah Perbaiki Busi Motor, Aufaproject46.com – Hallo Masbro, perlu anda ketahui. Jika suatu saat motor anda tidak bisa di nyalakan karena masalah busi, anda bisa memperbaikinya sendiri, tidak perlu menunggu pihak bengkel.

Busi menjadi sumber pengapian yang penting pada kendaraan bermotor. Kadang busi mengalami masalah sehingga sulit untuk menyalakan motor, jika itu terjadi lakuan beberapa langkah ini.

  • Bersihkan busi

Ads
Accessories Motor Murah & Berkualitas!
2020 (C) Accessories Motor Aufa Project
Harga diskon untuk Anda pengunjung blog Aufa Project ! Spakboard depan, winshield, cover lampu, cover radiator dan banyak accessories motor lainnya.
Yuk, modif motor Anda menjadi keren bersama Aufa Project !

Busi yang terbuat dari logam selalu mengalami proses pemanasan karena pembakaran saat menyalakan motor. Lama kelamaan akan menimbulkan lapisan yang kotor dan menutupi kepala busi.

Bersihkan bagian atas busi yang kotor dengan  menggunakan amplas. Bersihkan secara menyeluruh sehingga semua kotoran bisa terlepas. Setelah di bersihkan pasang kembali busi lalu coba nyalakan kembali.

  • Posisi busi

Langkah berikutnya untuk Perbaiki Busi Motor, adalah memperbaiki posisi busi motor anda. Busi hanya bisa berfungsi dengan baik apabila berada pada dudukan busi, sehingga proses pengapian baik.

Kadang karena sesuatu hal, kedudukan busi tidak berada pada tempatnya. Entah bergeser karena ada yang menghalangi atau karena ada perubahan posisi. Perbaiki posisi busi lalu coba nyalakan kembali.

  • Kaca pematik

Pada busi terdapat bagian keramik yang berfungsi sebagai pematik. Kadang proses pembakaran terganggu karena lapisan ini. Pecahan dengan menggunakan alat keras, lalu bersihkan hingga benar-benar bersih tak ada sisa keramik.

Selanjutnya letakan kembali pada dudukan busi, lalu coba nyalakan kembali. Cara ini cukup walau ampuh tapi bisa menyebabkan kebakaran. Jika anda menemukan bengkel segera ganti busi dengan yang baru.

  • Bakar elektroda

Cara berikutnya untuk Perbaiki Busi Motor adalah membakar elektroda pada busi. Anda hanya perlu menyediakan sumber api kecil, lalu bakar ujung elektroda tersebut sampai hangat  jangan terlalu panas.

Baca Juga :   Gejala V-belt Motor Matik Harus Diganti

Tujuannya agar busi sedikit lebih panas saat hendak di nyalakan. Setelah panas letakkan busi pada dudukannya kembali lalu nyalakan kembali motor anda. Ini salah satu cara yang dapat anda coba.

  • Longgarkan cup busi

Cara terakhir yang  bisa anda lalukan jika terdapat masalah dengan busi adalah dengan melonggarkan cup busi. Caranya bukanlah cup busi lalu renggangkan dan nyalakan kembali motor anda.

Perenggangan bertujuan agar aliran percikan api langsung mengenai busi. Loncatan bunga api ini akan mengenai busi dan membuat mesin nyala kembali. Cara ini terbukti efektif, tetapi jangan lupa untuk  merapatkan kembali cup yang tadi anda renggangkan.

Saat di perjalanan dan mesin  motor mati lalu sulit di nyalakan kini anda tak perlu bingung lagi. Dengan beberapa langkah mudah tadi anda bisa memperbaikinya sampai bertemu bengkel terdekat.

Perjalanan anda akan lancar jika kendaraan dalam kondisi baik. Saat kendaraan mati di jalan dengan cara Perbaiki Busi Motor sederhana ini anda sudah bisa mengatasi masalah yang timbul dalam perjalanan.

Nah itulah masbro bebrapa tips tentang Cara Mudah Perbaiki Busi Motor semga bermamfaat bagi masbro semua teriaksih salam otomotif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here