Cara Memperbaiki Starter Motor Rusak atau Mati

Cara Memperbaiki Starter Motor Rusak atau Mati

Cara Memperbaiki Starter Motor – Aufaproject46.com Salah satu bagian yang tidak kalah pentingnya pada sepeda motor adalah motor starter. Jika sepeda motor Anda dilengkapi dengan kick starter, mungkin bukan masalah besar jika motor starter mati.

Karena Anda masih bisa menstarter sepeda motor dengan cara “salah” atau dengan menggunakan starter. Namun, beberapa sepeda motor saat ini tidak dilengkapi dengan kick starter. Lalu bagaimana jika motor starter mati? Satu-satunya cara adalah didorong. Tentu ini akan merepotkan.

Perbaiki starter motor tentunya untuk mengetahui gejala awal kerusakan motor starter. Periksa gejala awal starter pada motor mati, seperti suara kasar saat tombol starter ditekan, atau bahkan tidak ada suara sama sekali. Jika Anda menekan tombol start tetapi starter motor tidak berputar, kemungkinan besar disebabkan oleh baterai yang lemah di motor.

Kerusakan pada starter motor dapat terjadi pada empat komponen yaitu baterai atau aki, rangkaian, relay starter, dan motor starter itu sendiri. Lihat komentar di bawah untuk cara memeriksa

Cara Memperbaiki Starter Motor

Cara Memeriksa dan Memperbaiki Motor Starter

  1. Baterai atau Aki

Aki merupakan bagian yang sangat penting pada sepeda motor karena bagian ini merupakan sumber arus bagi motor yang salah satunya digunakan untuk menghidupkan sistem.

Jika tombol start ditekan tetapi motor starter atau generator starter diam atau tidak mau berputar, hal pertama yang harus diperiksa adalah sumber listriknya, yaitu baterai.

Periksa tegangan baterai dengan multimeter atau avo meter. Baterai yang baik memiliki tegangan tidak kurang dari 12 volt. Jika hilang, ada dua kemungkinan, ada masalah dengan sistem pengisian atau baterai rusak.

2. Rangkaian Starter

Jika ternyata tegangan baterai masih bagus, langkah selanjutnya adalah memeriksa rangkaiannya. Mulailah dengan kabel, stopkontak, atau tombol starter yang rusak untuk memeriksa rangkaian starter.

Anda dapat melakukan ini dengan multimeter dan memeriksa apakah arus mengalir. Jika kabelnya rusak sebaiknya diganti dengan yang baru, atau jika terpaksa harus menyambung kembali, bersihkan dengan amplas halus jika tombol start kotor.

3. Relay atau Bendik

Komponen ini berfungsi sebagai saklar solenoid untuk memutuskan dan menghubungkan arus yang cukup tinggi dari baterai ke motor starter.

Cara ceknya, sambungkan kedua kabel (biasanya ada soketnya) ke baterai (+ dan -), jika terdengar “print” berarti masih baik-baik saja. Jika tidak, maka bendi kemungkinan sudah mati dan cara memperbaikinya adalah dengan menggunakan lem biru alias buang yang baru.

4. Stater motor (generator)

Kerusakan pada motor starter jarang terjadi. Periksa dengan multimeter, probe (+) terhubung ke kabel menuju motor starter dan probe (-) terhubung ke massa. Tekan tombol mulai dan periksa aliran arus. Jika ada, bisa dipastikan motor starter sudah mati.

Cara Memperbaiki Starter Motor

Ada dua kemungkinan kerusakan pada motor starter, yaitu sikat yang aus atau koil yang rusak. Jika hanya sikat yang rusak, Anda bisa mendapatkan yang baru, tetapi jika koilnya ditemukan rusak, Anda harus membawanya ke teknisi servis genset.

Berikut cara memperbaiki starter motor di rumah. Oleh karena itu, agar starter motor awet, sebaiknya servis motor starter secara berkala.

Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami aufaproject.com, Beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model, Terimakasih

Bagikan:
Avatar of Er.Sushil

Aufaproject. Media Online terkini, Seputar MotoGP, berita otomotif baru...

Tinggalkan komentar

/