Perbaikan dan Upgrade Motor Tanpa Bongkar Mesin Motor!

Sobat oto pasti tidak asing dengan salah satu metode perbaikan atau upgrade motor satu ini. Benar! Metode bongkar mesin motor. Ada beberapa alasan yang seringkali membuat pengguna sepeda motor merasa perlu membongkar mesin sepeda motornya. Padahal, untuk melakukan pembongkaran mesin motor ini memerlukan biaya yang tidaklah sedikit.

Selain tidak bisa dikerjakan sendiri, bongkar mesin motor juga memerlukan penggantian beberapa komponen sepeda motor. Ini berarti pengguna sepeda motor yang ingin membongkar mesinnya harus membayar jasa ahli bongkar mesin biaya komponen barunya. Rupanya tidak semua kerusakan perlu bongkar mesin. Inilah beberapa kerusakan yang tidak perlu bongkar mesin:

1. Motor Mengebul

Kebanyakan pengguna sepeda motor pasti pernah setidaknya sekali menjumpai asap yang keluar dari knalpot motornya mengepul berwarna pekat. Rupanya masalah ini biasanya disebabkan oleh piston yang kotor. Kondisi piston yang kotor dan dipenuhi dengan kerak, membuat mesin tidak bisa bekerja dengan semestinya.

Piston memiliki fungsi utama guna meneruskan tekanan dari proses pembakaran menuju ke poros engkol yang akan menggerakkan rantai ke roda. Jangan terburu-buru panik melihat knalpot sepeda motor yang mengeluarkan asap pekat. Pengguna sepeda motor harus mencoba mengecek dan membersihkan piston terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk bongkar mesin motor.

Bersihkan piston motor dengan menggunakan cairan Engine Conditioner. Semprotkan cairan ini melalui lubang busi. Tunggu selama beberapa menit dan pasang kembali busi pada lubangnya. Coba nyalakan mesin kembali, dan mesin akan mengeluarkan kotoran pada piston melalui asap yang pekat. Beberapa saat setelahnya asap tersebut akan hilang.

2. Oli Rembes

Oli pada sepeda motor memiliki fungsi vital untuk mengurangi korosi atau gesekan pada mesin yang bergerak. Bukan hanya itu, oli juga berguna untuk mendinginkan mesin. Mesin sepeda motor mengeluarkan panas. Panas ini bisa didinginkan oleh oli. Bisa disimpulkan, bahwa oli ialah salah satu komponen yang membuat mesin motor lebih awet.

Adanya kebocoran oli pada sepeda motor cukup bisa membuat masalah besar pada sepeda motor. Mengapa? Sebab oli dalam sepeda motor akan habis lebih cepat daripada saat pemakaian biasanya. Oli yang habis bisa membuat mesin cepat hangus dan bahkan menyebabkan mesin sepeda motor gagal menyala.

Seringkali, kebocoran oli ini dinilai hanya bisa diperbaiki dengan membongkar mesin sepeda motor. Padahal, sebenarnya masih ada cara perbaikan lain yang bisa dilakukan terlebih dahulu. Cek bagian oli pada sepeda motor terlebih dahulu. Kencangkan baut-baut di sekitarnya dan gunakan seal tape jika oli masih tetap bocor.

Upgrade Kecepatan Motor Tanpa Bongkar Mesin

Banyak pengendara yang menginginkan sepeda motornya memiliki performa yang lebih baik. Salah satunya ialah meng upgrade kecepatan laju sepeda motor. Mulai dari motor bebek hingga motor matic, terhitung cukup banyak pengguna sepeda motor yang ingin memodifikasi motornya agar melaju dengan lebih kencang.

Jika cara yang diketahui sebelumnya ialah dengan membongkar mesin motor, kini ketahuilah bahwa itu bukan satu-satunya cara. Pengguna sepeda motor bisa meng upgrade komponen sepeda motor lainnya untuk menambah kecepatan motor. Beberapa diantaranya ialah dengan menggunakan velg yang ringan, pemilihan ban tepat, dan modifikasi karburator.

Itulah beberapa kerusakan dan upgrade sepeda motor yang bisa dilakukan tanpa perlu bongkar mesin motor. Tentunya jika mengetahui informasi diatas, sobat oto bisa lebih menghemat waktu dan biaya untuk membawa motor kesayangan ke bengkel. Cek dengan teliti terlebih dahulu jika terjadi kerusakan pada sepeda motor. Semoga berhasil!

 

Bagikan:

Tinggalkan komentar

/