back to top
Selasa, Juli 16, 2024
BerandaOTOMOTIFBingung Pilih ABS Atau CBS? Berikut 6 Perbedaan Vario 160 ABS dan...

Bingung Pilih ABS Atau CBS? Berikut 6 Perbedaan Vario 160 ABS dan CBS

Berikut 6 Perbedaan Vario 160 ABS dan CBS

Aufaproject46.com – Hay Bro & Sist, Honda Vario 160 merupakan salah satu skutik yang paling banyak diminati di Indonesia. Motor ini hadir dalam dua varian, yaitu ABS dan CBS. Walaupun tampak serupa dari luar, keduanya sebenarnya memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Ingin tahu lebih lanjut mengenai perbedaan antara Vario 160 ABS dan CBS?

Bagi mereka yang memiliki properti mewah di kota besar seperti rumah di Cipayung atau rumah bekas di Bekasi, kemungkinan besar sering melihat motor Vario 160 ini. Namun, mungkin belum mengetahui dengan pasti perbedaan antara Vario 160 CBS dan ABS. Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini, Kami akan membahas perbedaan antara Vario 160 ABS dan CBS.

Apa sajakah perbedaan mendasar antara Vario 160 ABS dan CBS?

Perbedaan Vario 160 ABS dan CBS

Sistem Pengereman yang Berbeda

Perbedaan yang paling mencolok antara Vario 160 ABS dan CBS terletak pada sistem pengereman. Vario 160 ABS dilengkapi dengan sistem pengereman cakram baik di bagian depan maupun belakang. Di sisi lain, Vario 160 CBS hanya menggunakan sistem rem cakram di roda depan, sementara roda belakang masih menggunakan tromol.

Sistem pengereman ABS bekerja dengan cara mencegah terjadinya penguncian roda saat pengendara melakukan pengereman mendadak. Hal ini membantu pengendara untuk tetap mengontrol kendaraan dan menghindari potensi kecelakaan.

Baca Juga :   Cari Motor Irit? Berikut 5 Motor Honda paling irit

Perbedaan pada Kaliper Rem

Salah satu perbedaan yang cukup mencolok antara Vario 160 ABS dan CBS adalah jenis kaliper rem yang digunakan. Vario 160 ABS memakai kaliper rem dari Nissin, sementara Vario 160 CBS menggunakan kaliper rem Tokico.

Perbedaan Vario 160 ABS dan CBS

Kaliper rem Nissin dikenal memiliki kualitas unggul dan mampu memberikan pengereman yang lebih optimal. Hal ini dapat meningkatkan keamanan dan kontrol saat menghadapi situasi darurat atau kondisi jalan yang menuntut pengereman mendadak. Oleh karena itu, faktor ini bisa menjadi pertimbangan penting dalam memilih antara dua varian Vario ini.

Perbedaan dalam Warna dan Emblem

Perbedaan Vario 160 ABS dan CBS

Vario 160 ABS dapat dipilih dalam tiga opsi warna: Active Black, Grande Matte Black, dan Grande White. Di sisi lain, Vario 160 CBS juga memiliki tiga pilihan warna: Active Black, Grande Matte Black, dan Grande Matte Red. Vario 160 ABS memanfaatkan emblem 3D, sedangkan Vario 160 CBS menggunakan emblem berbentuk stiker.

Perbedaan dalam Harga

Perbedaan harga antara Vario 160 ABS dan CBS cukup mencolok. Vario 160 ABS dijual dengan harga Rp29.413.000, sedangkan Vario 160 CBS memiliki harga Rp26.539.000.

Oleh karena itu, selisih harga di antara keduanya mencapai sekitar Rp2.874.000. Jika Anda mempertimbangkan aspek biaya dalam memilih di antara keduanya, disarankan untuk memperhatikan anggaran dengan baik.

Perbedaan Bobot

Perbedaan yang cukup signifikan antara Vario 160 ABS dan CBS adalah bobotnya. Vario 160 ABS memiliki berat 117 kg, sedangkan Vario 160 CBS lebih ringan dengan bobot 115 kg.
Dengan demikian, selisih bobot antara keduanya adalah 2 kg. Bobot yang lebih rendah pada Vario 160 CBS dapat memberikan manuverabilitas yang sedikit lebih baik, terutama saat berkendara dalam lalu lintas padat atau saat melakukan parkir.

Baca Juga :   Modifikasi Yamaha Aerox 155 Ful Body Custom Keren Banget

Perbedaan Vario 160 ABS dan CBS

Fitur Tambahan pada Vario 160 ABS

Vario 160 ABS dilengkapi dengan fitur USB charger tipe A, sedangkan Vario 160 CBS tidak dilengkapi dengan fitur ini.

Spesifikasi Motor Vario 160 ABS dan CBS

Setelah memahami perbedaan antara Vario 160 ABS dan CBS, selanjutnya adalah memahami spesifikasi motor ini.

Rangka dan Kaki-kaki

Tipe RangkaUnderbone – eSAF (enhanced Smart Architecture Frame)
Ukuran Ban Depan100/80 – 14M/C Tubeless
Ukuran Ban Belakang120/70 – 14M/C Tubeless
Rem DepanCakram Hidrolik, Piston Tunggal
Rem BelakangTromol (CBS), Cakram Hidrolik (ABS)
Sistem PengeremanCombi Brake System (CBS) & Anti-Lock Braking System (ABS)
Tipe Suspensi DepanTeleskopik
Tipe Suspensi BelakangSwing Arm dengan Suspensi Tunggal

 

Mesin

Tipe Mesin4 Langkah, 4-Valve, eSP+
Sistem PendinginPendingin Cairan
Sistem PengapianPGM-FI (Programmed Fuel Injection)
Volume Langkah156,9 cc
Diameter x Langkah60 x 55,5 mm
Perbandingan Kompresi12 : 1
Daya Maksimum11,3 kW (15,4 PS) / 8.500 rpm
Torsi Maksimum13,8 Nm (1,4 kgf,m) / 7.000 rpm
Tipe TransmisiOtomatis, V-Matic
Tipe StarterElektrik
Tipe KoplingOtomatis, Sentrifugal, Tipe Kering
Tipe Minyak PelumasBasah
Kapasitas Minyak Pelumas0,8 liter (Penggantian Periodik)

Kelistrikan

Sistem PengapianFull Transisterized
Tipe Baterai/AkiMF 12V-5 Ah
Tipe BusiNGK LMAR8L-9

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi1.929 x 679 x 1.088 mm
Jarak Sumbu Roda1.277 mm
Jarak Terendah ke Tanah140 mm
Tinggi Tempat Duduk778 mm
Berat Kosong (Curb Weight)115 kg (CBS) & 117 kg (ABS)
Kapasitas Tangki Bahan Bakar5,5 liter

Demikianlah sekitar perbedaan antara Vario 160 ABS dan CBS. Selalu pilih tipe motor yang cocok dengan preferensi pribadi Anda.

Baca Juga :   Cara Setting Shockbreaker Motor agar Tetap Empuk dan Tidak Ambles

Kesimpulan

Kesimpulannya, pilihlah Vario 160 ABS jika Anda menginginkan sistem pengereman yang lebih canggih dengan cakram di bagian depan dan belakang, kaliper rem Nissin, serta fitur tambahan USB charger. Namun, jika Anda mengutamakan harga lebih terjangkau, ringan dalam bobot, dan masih memiliki pengereman yang baik, maka Vario 160 CBS bisa menjadi pilihan yang tepat. Pastikan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi Anda sebelum memutuskan untuk membeli.

Nah demikianlah pembahasan tentang Perbedaan Vario 160 ABS dan CBS, semoga artikel ini bermamfaat sekian dan terimakasih

Butuh Aksesoris motor? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami Aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Sekian artikel kali ini dari saya. Terima kasih sudah membaca sampai habis. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman kalian yang mungkin membutuhkan informasi ini juga. Sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya. Selamat Mencoba, Salam hangat dari saya!

admin
adminhttps://aufaproject46.com/
Media Online Otomotif dan modifikasi motor
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments