Apakah Oli Castrol Bagus untuk Motor Vario 160?

admin

Apakah Oli Castrol Bagus untuk Motor Vario 160?

Apakah Oli Castrol Bagus untuk Motor Vario 160?
Aufaproject46.com – Hay Bro & Sist, Hallo semuanya, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang oli Castrol dan apakah oli ini bagus untuk motor Vario 160. Motor Vario 160 adalah motor matic terbaru dari Honda yang memiliki mesin 156,9 cc dengan 4 klep dan teknologi eSP+ yang membuatnya lebih irit dan bertenaga. Tentu saja, motor ini membutuhkan perawatan yang baik agar performanya tetap optimal, salah satunya adalah dengan menggunakan oli mesin yang tepat.

Oli mesin adalah cairan pelumas yang berfungsi untuk mengurangi gesekan antara komponen-komponen mesin, mendinginkan suhu mesin, membersihkan kotoran dan karbon yang menempel di mesin, serta melindungi mesin dari korosi dan karat. Oli mesin harus diganti secara berkala sesuai dengan anjuran pabrikan atau setelah menempuh jarak tertentu. Untuk motor Vario 160, kapasitas oli mesinnya adalah sebesar 0,8 liter atau 800 ml untuk pergantian oli secara periodik .

Nah, salah satu merek oli mesin yang cukup populer di pasaran adalah Castrol. Castrol merupakan produsen oli asal Inggris yang sudah berdiri sejak tahun 1899 dan memiliki berbagai produk oli untuk berbagai jenis kendaraan. Untuk motor matic seperti Vario 160, Castrol memiliki produk oli yang bernama Castrol Power 1 Scooter 4T. Apakah oli ini bagus untuk motor Vario 160? Mari kita simak ulasan berikut ini.

Kelebihan Oli Castrol Power 1 Scooter 4T

Baca Juga :   Kurang Puas Dengan Performa Vario 160? Berikut Cara Agar tarikan vario 160 Semakin enteng
Kelebihan Oli Castrol Power 1 Scooter 4T
Oli Castrol Bagus untuk Motor Vario 160

Oli Castrol Power 1 Scooter 4T adalah oli sintetik yang memiliki tingkat kekentalan SAE 10W-40 dan spesifikasi API SL dan JASO MB. Oli ini diklaim mampu memberikan kelebihan sebagai berikut:

  • Meningkatkan akselerasi dan responsivitas mesin dengan teknologi Power Release Formula yang mengurangi gesekan internal mesin.
  • Menjaga kebersihan mesin dengan teknologi Power Protection Formula yang mencegah pembentukan endapan dan kerak di dalam mesin.
  • Menjaga suhu mesin tetap stabil dengan teknologi Heat Protection Formula yang mampu mengalirkan panas dengan cepat dan efisien.
  • Menghemat konsumsi bahan bakar dengan teknologi Fuel Economy Formula yang mengoptimalkan pembakaran bahan bakar di dalam ruang bakar.
  • Memperpanjang umur mesin dengan teknologi Durability Formula yang melindungi komponen-komponen mesin dari aus dan korosi.

Kekurangan Oli Castrol Power 1 Scooter 4T

Kekurangan Oli Castrol Power 1 Scooter 4T
Oli Castrol Bagus untuk Motor Vario 160

Oli Castrol Power 1 Scooter 4T juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Harganya cukup mahal dibandingkan dengan oli merek lain yang sejenis. Harga oli ini berkisar antara Rp 80.000 – Rp 100.000 per liter .
  • Tingkat kekentalannya yang lebih tinggi dari spesifikasi yang direkomendasikan oleh Honda untuk motor Vario 160. Honda merekomendasikan oli mesin dengan tingkat kekentalan SAE 10W-30 untuk motor Vario 160. Oli dengan tingkat kekentalan yang lebih tinggi dapat menyebabkan mesin menjadi lebih berat dan boros bahan bakar.
  • Spesifikasinya yang tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Honda untuk motor Vario 160. Honda menetapkan standar spesifikasi oli mesin dengan API SL atau lebih tinggi dan JASO MA atau MA2 untuk motor Vario 160. Oli Castrol Power 1 Scooter 4T hanya memiliki spesifikasi API SL dan JASO MB. Spesifikasi JASO MB berarti oli ini tidak mengandung zat aditif yang dapat melindungi kopling basah yang ada di motor matic. Oli dengan spesifikasi JASO MB dapat menyebabkan kopling menjadi licin dan aus lebih cepat.
Baca Juga :   Pilihan Bensin Honda Vario 160 Untuk Performa Optimal

Alternatif Oli Lain yang Bagus untuk Motor Vario 160

Alternatif Oli Lain yang Bagus untuk Motor Vario 160
Jika Anda merasa oli Castrol Power 1 Scooter 4T tidak cocok untuk motor Vario 160 Anda, Anda bisa mencoba beberapa alternatif oli lain yang bagus untuk motor ini, yaitu:

  • AHM Oil SPX 2 (Superior Protection Expert). Oli ini merupakan oli resmi dari Honda yang dikembangkan dengan teknologi terbaru. Oli ini mampu memberikan pelumasan optimal, mengirit bahan bakar hingga 8%, menstabilkan suhu mesin, dan melindungi mesin dari karat dan korosi. Oli ini memiliki tingkat kekentalan SAE 10W-30 dan spesifikasi API SL dan JASO MA2. Harga oli ini berkisar antara Rp 47.000 – Rp 65.000 per liter.
  • Motul Scooter 4T LE 10W-30. Oli ini merupakan oli sintetik dari Motul yang memiliki kualitas premium. Oli ini mampu meningkatkan akselerasi dan responsivitas mesin, meredam getaran mesin, menjaga kebersihan mesin, dan tahan lama. Oli ini memiliki tingkat kekentalan SAE 10W-30 dan spesifikasi API SL dan JASO MB. Harga oli ini berkisar antara Rp 65.000 – Rp 90.000 per liter.
  • Deltalube 757 Daily 10W-30. Oli ini merupakan oli lokal dari Deltalube yang memiliki kualitas baik. Oli ini mampu memberikan pelumasan maksimal, menjaga suhu mesin, membersihkan kotoran di mesin, dan melindungi mesin dari aus dan korosi. Oli ini memiliki tingkat kekentalan SAE 10W-30 dan spesifikasi API SL dan JASO MA2. Harga oli ini berkisar antara Rp 35.000 – Rp 45.000 per liter.

Kesimpulan

Kesimpulan
Oli Castrol Power 1 Scooter 4T adalah oli sintetik yang memiliki beberapa kelebihan seperti meningkatkan akselerasi, menjaga kebersihan, mendinginkan suhu, menghemat bahan bakar, dan memperpanjang umur mesin. Namun, oli ini juga memiliki beberapa kekurangan seperti harganya yang mahal, tingkat kekentalannya yang lebih tinggi, dan spesifikasinya yang tidak sesuai dengan standar Honda untuk motor Vario 160.

Oleh karena itu, sebelum memilih oli Castrol Power 1 Scooter 4T untuk motor Vario 160 Anda, sebaiknya Anda mempertimbangkan faktor-faktor tersebut dan membandingkannya dengan alternatif oli lain yang bagus untuk motor ini, seperti AHM Oil SPX 2, Motul Scooter 4T LE, atau Deltalube 757 Daily.

Baca Juga :   Cara Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Online, Praktis Tapi Juga Bikin Kikuk

Nah demikianlah pembahasan tentang Oli Castrol Bagus untuk Motor Vario 160, semoga artikel ini bermamfaat sekian dan terimakasih

Butuh Aksesoris motor? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami Aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Sekian artikel kali ini dari saya. Terima kasih sudah membaca sampai habis. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman kalian yang mungkin membutuhkan informasi ini juga. Sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya. Selamat Mencoba, Salam hangat dari saya!

Artikel Terkait

Bagikan:

admin

Media Online Otomotif dan modifikasi motor

Tinggalkan komentar