Apakah Motor dengan Kunci Keyless Bisa Dibobol? Mengatasi dan Meminimalkan Risiko

admin

Aufaproject46.com – Hay Bro & Sist, Motor dengan kunci keyless adalah motor yang menggunakan sistem pengapian tanpa kunci, yang hanya memerlukan remote atau smart key untuk menghidupkan mesin. Motor dengan kunci keyless memiliki beberapa kelebihan, seperti praktis, modern, dan aman. Namun, apakah motor dengan kunci keyless benar-benar aman dari pencurian? Apakah motor dengan kunci keyless bisa dibobol oleh orang yang tidak bertanggung jawab? Bagaimana cara mengatasi dan meminimalkan risiko tersebut? Simak ulasan berikut ini.

Kunci Keyless Bisa Dibobol

Apakah Motor dengan Kunci Keyless Bisa Dibobol?

Motor dengan kunci keyless bekerja dengan menggunakan sinyal radio antara remote atau smart key dengan receiver yang ada di motor. Sinyal radio ini memiliki frekuensi dan kode tertentu, yang hanya bisa dikenali oleh receiver yang sesuai. Jika sinyal radio ini cocok, maka motor akan terbuka dan bisa dihidupkan. Jika tidak, maka motor akan tetap terkunci dan tidak bisa dihidupkan.

Namun, ternyata sinyal radio ini bisa dibobol oleh orang yang tidak bertanggung jawab, dengan menggunakan alat yang disebut relay box. Relay box adalah alat yang bisa menangkap, meniru, dan mengirimkan sinyal radio antara remote atau smart key dengan receiver. Dengan menggunakan relay box, orang yang tidak bertanggung jawab bisa membuka dan menghidupkan motor dengan kunci keyless tanpa harus memiliki remote atau smart key aslinya.

Relay box bisa bekerja dengan jarak yang cukup jauh, misalnya 10 meter. Jadi, orang yang tidak bertanggung jawab bisa membobol motor dengan kunci keyless yang sedang diparkir di depan rumah, sementara remote atau smart key aslinya berada di dalam rumah. Dengan begitu, motor dengan kunci keyless bisa dicuri tanpa meninggalkan bekas atau kerusakan.

Baca Juga :   Fungsi Utama Modif Motor Roda Tiga

Kunci Keyless Bisa Dibobol

Apa saja kelebihan motor dengan kunci keyless?

Beberapa kelebihan motor dengan kunci keyless adalah sebagai berikut:

  • Praktis. Anda tidak perlu repot mencari atau menyimpan kunci motor, karena Anda hanya perlu membawa remote atau smart key yang bisa Anda masukkan ke dalam saku atau tas. Anda juga tidak perlu memasukkan atau memutar kunci motor, karena Anda hanya perlu menekan tombol pada remote atau smart key untuk menghidupkan mesin.
  • Modern. Anda bisa merasakan sensasi berkendara yang lebih canggih dan futuristik, karena Anda bisa mengoperasikan motor dengan kunci keyless dengan cara yang lebih mudah dan cepat. Anda juga bisa menikmati fitur-fitur tambahan yang ada pada remote atau smart key, seperti lampu LED, bunyi beep, atau getar, yang bisa memberikan informasi atau peringatan tentang kondisi motor.
  • Aman. Anda bisa mengurangi risiko kehilangan atau kerusakan kunci motor, karena Anda tidak perlu sering mengeluarkan atau memasukkan kunci motor. Anda juga bisa mengurangi risiko pencurian atau pembobolan motor, karena Anda bisa mengunci dan membuka motor dengan kunci keyless dari jarak yang cukup jauh, tanpa harus mendekati motor. Anda juga bisa mengaktifkan sistem immobilizer, yang bisa mencegah motor dihidupkan tanpa remote atau smart key yang sesuai.

Apa risiko dari motor dengan kunci keyless?

Beberapa risiko dari motor dengan kunci keyless adalah sebagai berikut:

  • Baterai remote atau smart key habis. Jika baterai remote atau smart key habis, Anda tidak bisa menghidupkan mesin motor dengan kunci keyless. Anda harus mengganti baterai remote atau smart key dengan yang baru, atau menggunakan kunci cadangan yang biasanya disediakan oleh pabrikan motor.
  • Remote atau smart key hilang atau rusak. Jika remote atau smart key hilang atau rusak, Anda tidak bisa menghidupkan mesin motor dengan kunci keyless. Anda harus mencari atau memperbaiki remote atau smart key yang hilang atau rusak, atau menggunakan kunci cadangan yang biasanya disediakan oleh pabrikan motor.
  • Sinyal radio terganggu atau dibobol. Jika sinyal radio antara remote atau smart key dengan receiver terganggu oleh gangguan elektromagnetik, Anda tidak bisa menghidupkan mesin motor dengan kunci keyless. Anda harus mencari tempat yang bebas dari gangguan elektromagnetik, atau menggunakan kunci cadangan yang biasanya disediakan oleh pabrikan motor. Jika sinyal radio antara remote atau smart key dengan receiver dibobol oleh orang yang tidak bertanggung jawab, Anda bisa kehilangan motor Anda. Anda harus berhati-hati dalam menyimpan remote atau smart key, atau menggunakan kunci tambahan atau gembok pada motor Anda.
Baca Juga :   Mengapa Kunci Keyless Tidak Berfungsi?

Bagaimana Cara Mengatasi dan Meminimalkan Risiko?

Meskipun motor dengan kunci keyless bisa dibobol dengan menggunakan relay box, bukan berarti Anda harus khawatir dan tidak bisa berbuat apa-apa. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi dan meminimalkan risiko tersebut, yaitu:

Kunci Keyless Bisa Dibobol

  • Menyimpan remote atau smart key di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan sinyal radio. Anda bisa menyimpan remote atau smart key di dalam tas, dompet, atau kantong yang tertutup rapat, atau di dalam lemari besi, kotak logam, atau kulkas, yang bisa menghalangi sinyal radio. Dengan begitu, relay box tidak bisa menangkap sinyal radio dari remote atau smart key Anda.
  • Menggunakan kunci tambahan atau gembok pada motor Anda. Anda bisa menggunakan kunci tambahan atau gembok pada bagian roda, stang, atau rem motor Anda, yang bisa mencegah motor Anda bergerak atau berjalan. Dengan begitu, meskipun motor Anda bisa dibuka dan dihidupkan dengan relay box, motor Anda tetap tidak bisa dibawa kabur.
  • Menggunakan alarm atau GPS tracker pada motor Anda. Anda bisa menggunakan alarm atau GPS tracker pada motor Anda, yang bisa memberikan peringatan atau pelacakan jika motor Anda dicuri. Dengan begitu, Anda bisa segera mengetahui dan melaporkan kejadian tersebut kepada pihak yang berwenang, dan meningkatkan peluang untuk mendapatkan kembali motor Anda.

Cara Mengatasi Risiko

Penting bagi Anda sebagai pemilik motor dengan kunci keyless untuk mengambil langkah-langkah preventif guna melindungi kendaraan Anda dari ancaman pencurian. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda pertimbangkan:

1. Sistem Keamanan Tambahan

Pemasangan sistem keamanan tambahan, seperti alarm motor yang sensitif, dapat memberikan lapisan perlindungan ekstra. Sensor gerak dan alarm yang terhubung dengan sistem kunci keyless dapat memberi tahu Anda jika ada upaya pencurian.

Baca Juga :   Waktu yang Tepat untuk Mengganti Busi Motor

2. Penyimpanan yang Aman

Saat tidak digunakan, pastikan motor Anda disimpan di tempat yang aman dan terkunci. Ini akan membuat sulit bagi pencuri untuk mendekati motor dan meretas sistem kunci.

3. Batasi Jarak Remote

Beberapa sistem kunci keyless dapat diatur untuk beroperasi dalam jarak tertentu. Anda dapat mengatur jarak ini agar hanya mencakup area yang diperlukan, sehingga mengurangi kemungkinan pencurian dari jarak jauh.

Kesimpulan

Dalam menghadapi tantangan keamanan motor dengan kunci keyless, langkah-langkah preventif sangatlah penting. Dengan menggabungkan teknologi kunci keyless yang canggih dengan sistem keamanan tambahan dan praktik penyimpanan yang bijak, Anda dapat mengurangi risiko pencurian dan menjaga motor Anda tetap aman. Jaga motor Anda, dan nikmati kenyamanan berkendara tanpa khawatir tentang risiko pencurian.

Itulah beberapa informasi tentang apakah motor dengan kunci keyless bisa dibobol, dan bagaimana cara mengatasi dan meminimalkan risiko tersebut. Dengan mengetahui dan menerapkan cara-cara di atas, Anda bisa lebih tenang dan nyaman dalam menggunakan motor dengan kunci keyless, tanpa harus khawatir akan kehilangan motor Anda.????

Demikianlah artikel tentang Kunci Keyless Bisa Dibobol?, yang kami rangkum untuk Anda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Butuh Aksesoris motor? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami Aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Sekian artikel kali ini dari saya. Terima kasih sudah membaca sampai habis. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman kalian yang mungkin membutuhkan informasi ini juga. Sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya. Selamat Mencoba, Salam hangat dari saya!

Artikel Terkait

Bagikan:

admin

Media Online Otomotif dan modifikasi motor

Tinggalkan komentar