Apa itu motor hybrid? Jenis, cara kerjanya, Kekurangan dan Kelebihanya

Apa Itu Motor Hybrid – Minat masyarakat untuk memiliki sepeda motor sebagai alat transportasi masih tinggi. Banyak pabrikan yang terus meningkatkan produktivitasnya untuk terus mengembangkan teknologi sepeda motor.

Hingga saat ini, setidaknya ada beberapa jenis motor listrik yang masih dalam pengembangan, yaitu motor listrik dan motor hybrid. Pasti ada perbedaan mendasar antara kedua jenis motor tersebut, terutama pada sistem atau cara kerjanya.

Apa itu motor hybrid

Bahkan beberapa pabrikan sepeda motor kini menjual produk premium dari jajaran hybridnya. Yang terbaru Yamaha merilis Yamaha Fazzio Hybrid Connected. Meskipun sudah banyak.

Namun, masih ada sebagian orang yang belum mengetahui apa itu motor hybrid, jenisnya, cara kerjanya serta kelebihan dan kekurangannya. Jadi sesuai dengan tema pembahasan kita kali ini.

Lewat artikel ini kami akan membagikan secara detail dan detail apa itu motor hybrid dan beberapa hal penting yang sangat dibutuhkan dan harus diketahui atau dipahami oleh para pecinta otomotif khususnya para pecinta motor. Baiklah, mari kita lihat ulasan lengkapnya di bawah ini.

Apa itu motor hybrid?

Secara umum jenis motor dibagi menjadi tiga kategori yaitu motor konvensional, motor listrik, dan motor hybrid. Motor konvensional adalah jenis motor yang paling umum digunakan dalam mesin, dan mungkin jenis motor yang paling banyak digunakan di pasaran.

Sedangkan motor listrik merupakan salah satu jenis motor baru yang cukup ramai di berbagai media akhir-akhir ini karena banyak keunggulannya. Berbeda dengan sepeda motor tradisional yang menggunakan bahan bakar utama bensin, motor listrik menggunakan baterai + generator sebagai tenaga utamanya.

Jadi apa itu sepeda motor hybrid? Seperti namanya, hybrid atau dapat diartikan sebagai hybrid adalah motor listrik dengan dua sistem penggerak, motor listrik konvensional dan generator yang menggerakkan motor listrik.

Jenis Motor Hybrid

Setelah memahami dan mengetahui seperti apa motor hybrid di atas, mari kita jelaskan. Hampir identik dengan beberapa jenis sepeda motor lainnya, hingga saat ini setidaknya industri sepeda motor hybrid telah memiliki beberapa jenis atau tipe yang paling sering kita jumpai.

Hal ini tentu saja karena beberapa produsen mobil terus memberikan perkembangan besar di industri ini. Berikut beberapa jenis sepeda motor hybrid yang perlu Anda ketahui:

1. Sistem Hibrida Seri

Pada tipe sistem hybrid seri, keberadaan mesin konvensional akan berperan sebagai generator. Artinya, mesin konvensional akan digunakan sebagai generator, yang kemudian akan disimpan di bagian baterai seperti jenis motor lainnya.

Sementara itu, semua daya yang membuat motor hybrid jenis ini bekerja adalah dengan generator yang akan menyala secara otomatis menggunakan aliran tegangan dari baterai.

2. Sistem Hibrida Paralel

Apa saja jenis motor hybrid lainnya? Selain jenis-jenis di atas, kita juga akan belajar tentang jenis-jenis motor sistem paralel. Secara keseluruhan, motor akan digerakkan langsung oleh mesin bensin atau mesin konvensional seperti yang mungkin kita miliki saat ini.

Sementara itu, keberadaan motor/generator hanya akan bekerja atau digunakan pada saat dibutuhkan. Misalnya saat berada di tanjakan atau momen penting lainnya. Dengan kata lain, motor ini hanya akan digunakan sebagai media pendukung saja.

3. Sistem hybrid seri-paralel

Jenis lain dari sepeda motor hybrid yang saat ini ada dan kemungkinan besar akan kita jumpai adalah sistem hybrid seri dan paralel. Model ini merupakan kombinasi dari dua tipe di atas. Setelah itu mesin listrik dan mesin bensin akan bekerja secara bersamaan.

Dengan cara ini, energinya bisa dikatakan bisa meningkat lebih baik. Oleh karena itu, pengalaman berkendara dengan sepeda motor hybrid ini akan lebih menyenangkan dan tenaga serta torsi yang bisa didapatkan lebih impresif.

Cara Kerja Motor Listrik Hybrid

Nah, jika Anda sudah mengetahui apa itu sepeda motor hybrid dan beberapa jenisnya, salah satu yang mungkin membuat Anda bertanya-tanya adalah bagaimana cara kerja mesin hybrid itu sendiri. Jadi, untuk memberi Anda sedikit lebih banyak wawasan tentang apa arti motor listrik hibrida.

Di bawah ini, kami juga akan mensimulasikan cara kerja motor hybrid. Sebagai contoh, kami akan menggunakan data kami pada sepeda motor hybrid Yamaha, Fazzio Hybrid Connected.

Apa itu motor hybrid

Jika mengacu pada data yang ada, sebenarnya sistem Yamaha Fazzio Hybrid Connected ini hampir sama dengan rata-rata motor matic 125. Di tempat dapur pacu, selain mesin utama, ada mesin listrik, yang sebagian besar ditenagai oleh baterai.

Sekadar sistem kerja, Hybrid pada Yamaha Fazzio menggunakan teknologi yang disebut “Electric Power Start”, yang akan menendang saat pertama kali motor berakselerasi.

Artinya, motor listrik akan membantu mesin selama 3 detik pertama dan membantu tarikan awal mesin bersamaan dengan mesin. Selama 3 detik pertama motor berjalan, itu akan dapat menghasilkan lebih banyak daya awal. Sehingga sangat cocok untuk sepeda motor yang menanjak, mengendarai sepeda atau saat membawa banyak barang.
Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik Hibrida

Lantas apa saja kelebihan dan kekurangan motor hybrid?

Jika anda sudah mengetahui apa itu motor hybrid, jenis dan cara kerjanya. Tentu saja, seperti yang kami bagikan di bawah ini, kami akan dapat menarik kesimpulan tentang pro dan kontra.

Kelebihan Motor Hybrid

Apa itu motor hybrid

Memiliki daya cadangan membantu membuat alat berat bekerja lebih optimal saat menavigasi menanjak, membonceng, atau membawa beban besar.
Yang pasti, itu membuat peningkatan tenaga dan torsi.
Tentunya akan meningkatkan efisiensi bahan bakar.
Sudah pati akan lebih ramah lingkungan.

Kekurangan Motor Hybrid

Harga sepeda motor hybrid masih cukup mahal bagi kami.
Perawatan lebih sulit.
Biaya perawatan dan suku cadang masih relatif mahal.

Kesimpulanya

Dari penjelasan di atas, dalam arti luas, kelebihan dan kekurangan sepeda motor hybrid tidak jauh berbeda dengan mobil hybrid yang kami komunikasikan sebelumnya. Jadi jika Anda memang ingin memiliki sepeda motor hybrid, pastikan Anda memahami apa itu sepeda motor hybrid, jenisnya, serta kelebihan dan kekurangannya.

Bagikan:

Tinggalkan komentar

/