Supaya Aki Motor Awet Berikut 7 Tips Merawat Aki Sepeda Motor

admin

7 Tips Merawat Aki Sepeda Motor

Aufaproject46.com – Hay sobat, Aki atau akumulator memegang peranan yang sangat penting pada sepeda motor, baik sebagai penyuplai maupun penyimpan arus yang digunakan untuk menggerakkan sistem kelistrikan pada sepeda motor, seperti sistem starter, pompa injeksi, penerangan, pembakaran mesin.

Secara umum, ada 2 (dua) jenis aki yang biasa digunakan pada sepeda motor, yaitu basah dan kering. Aki yang umumnya digunakan untuk sepeda listrik saat ini adalah aki kering bebas perawatan, yang juga bisa disebut bebas perawatan (MF), karena lebih mudah perawatannya daripada aki basah, dan pengendara perlu memeriksa ketinggian air aki, dan jika hilang, harus ditambahkan ke baris maksimum.

Mengingat pentingnya peran aki, sebagai salah satu produsen sepeda motor terbesar di Indonesia, Yamaha akan membagikan beberapa tips untuk perawatan aki sepeda motor sehari-hari, sebagai berikut:

7 Tips Merawat Aki Sepeda Motor Motor Anda

7 Tips Merawat Aki Sepeda Motor
7 Tips Merawat Aki Sepeda Motor

1 Hindari penggunaan aksesori motor listrik yang berlebihan.

Saat ini konsumen semakin gemar menggunakan aksesoris sepeda motor, namun penggunaan aksesoris yang berhubungan dengan daya secara berlebihan, terutama lampu sepeda motor, akan membebani kinerja baterai. Selain itu, pemasangan aksesori non-motor akan membatalkan garansi resmi Yamaha.

2 Pastikan voltase aki

Aki kering atau basah, sesuai dengan standar voltase di manual.

Jika di bawah nilai yang disarankan dalam manual, baterai harus diisi ulang.

Baca Juga :   4 Hal Yang Menyebabkan Ban Bisa Pecah Di Jalan

3 Periksa kondisi aki

Periksa kondisi fisik aki motor dan bersihkan aki jika terdapat kotoran atau kerak pada terminalnya.

Jika tidak, baterai mungkin rusak atau biasa disebut dengan soak, yang akan merusak kinerja beberapa sistem. Bahkan menyebabkan sepeda motor tidak berfungsi atau mogok.

4 Hindari memaksa starter elektrik.

Jika motor mengalami kesulitan start, jangan memaksa starter elektrik, karena akan melemahkan baterai. Sebaiknya periksa terlebih dahulu kondisi sepeda motor atau ke bengkel resmi terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut.

5 Saat mesin mati, pastikan kunci kontak motor listrik mati.

Jika kunci kontak menyala saat mesin mati, itu akan menguras baterai.

6 Untuk mesin yang jarang digunakan, disarankan untuk tetap hangat.

Jika sepeda motor jarang digunakan, usahakan untuk melakukan pemanasan atau menggunakan sepeda motor selama 10-15 menit walaupun sepeda motor tidak digunakan. Jika diletakkan dalam waktu lama, sebaiknya kabel negatif baterai dilepas, agar umur baterai lebih panjang.

7 Gunakan aki sesuai dengan spesifikasi sepeda motor.

Setiap baterai harus memiliki masa pakai, dan ketika periode tersebut tercapai, baterai harus diganti. Karena biasanya aki tidak bisa lagi menyimpan arus meski sudah diisi ulang. Jika hal ini terjadi, ganti aki sesuai dengan spesifikasi bawaan sepeda motor atau kapasitas yang dibutuhkan.

Butuh Aksesoris motor matic? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Artikel Terkait

Bagikan:

admin

Media Online Otomotif dan modifikasi motor

Tinggalkan komentar