5 Hal yang Bisa Bikin Aki Motor Kamu Drop dan Cara Mengatasinya

admin

Apakah Aki Honda Masih Perlu Di Tambah Air

5 Hal yang Bisa Bikin Aki Motor Kamu Drop

Aufaproject46.com – Hay Bro & Sist, Halo, sobat momotor! Apa kabar? Semoga sehat dan bahagia selalu, ya. Kali ini, kita akan membahas tentang salah satu komponen penting di motor kamu, yaitu aki. Aki adalah singkatan dari akumulator, yaitu alat yang berfungsi untuk menyimpan energi listrik yang dihasilkan oleh alternator. Aki juga berperan dalam menghidupkan mesin motor, menyalakan lampu, klakson, dan perangkat elektronik lainnya.

5 Hal yang Bisa Bikin Aki Motor Kamu Drop

Namun, apa jadinya jika aki motor kamu drop? Pasti bikin repot dan pusing, kan? Aki motor yang drop bisa menyebabkan motor kamu tidak bisa distarter, lampu redup, klakson lemah, atau bahkan mati total. Nah, supaya kamu tidak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan, yuk simak 5 hal yang bisa bikin aki motor kamu drop dan cara mengatasinya!

1. Aki Sudah Lama dan Kadaluarsa

Hal pertama yang bisa bikin aki motor kamu drop adalah aki yang sudah lama dan kadaluarsa. Aki motor memiliki masa pakai yang terbatas, biasanya antara 1-2 tahun. Setelah itu, aki akan mengalami penurunan kinerja dan kapasitasnya. Aki yang sudah lama dan kadaluarsa juga lebih mudah bocor, korosi, atau kering. Hal ini bisa mengakibatkan aki tidak bisa menyimpan dan mengeluarkan energi listrik dengan baik.

Cara mengatasi aki yang sudah lama dan kadaluarsa adalah dengan menggantinya dengan aki baru yang sesuai dengan spesifikasi motor kamu. Jangan lupa untuk memeriksa tanggal produksi dan masa garansi aki yang kamu beli. Pilihlah aki yang masih fresh dan berkualitas. Jangan tergiur dengan harga murah, tapi kualitasnya tidak jelas.

Baca Juga :   Siaran Ulang MotoGP Spanyol 2023

2. Aki Kurang Terawat dan Kotor

Hal kedua yang bisa bikin aki motor kamu drop adalah aki yang kurang terawat dan kotor. Aki yang kurang terawat dan kotor bisa menyebabkan konslet, hubungan arus listrik terganggu, atau bahkan korsleting. Hal ini bisa mengakibatkan aki tidak bisa bekerja dengan optimal dan cepat habis.

Cara mengatasi aki yang kurang terawat dan kotor adalah dengan membersihkan dan merawatnya secara rutin. Kamu bisa membersihkan kutub-kutub aki dengan menggunakan sikat gigi bekas yang dicelupkan ke air hangat yang dicampur dengan baking soda. Kamu juga bisa membersihkan kabel-kabel aki dengan menggunakan lap basah yang diberi sedikit minyak tanah. Setelah itu, keringkan aki dan kabel-kabelnya dengan menggunakan lap kering. Jangan lupa untuk mengencangkan kembali kabel-kabel aki yang longgar.

3. Aki Kehabisan Air Aki atau Cairan Elektrolit

Hal ketiga yang bisa bikin aki motor kamu drop adalah aki yang kehabisan air aki atau cairan elektrolit. Air aki atau cairan elektrolit adalah zat yang berfungsi untuk menghantarkan arus listrik di dalam aki. Air aki atau cairan elektrolit bisa berkurang karena penguapan, bocor, atau penggunaan yang berlebihan. Aki yang kehabisan air aki atau cairan elektrolit bisa menyebabkan aki tidak bisa mengisi dan mengeluarkan energi listrik dengan baik.

5 Hal yang Bisa Bikin Aki Motor Kamu Drop

Cara mengatasi aki yang kehabisan air aki atau cairan elektrolit adalah dengan menambahkan air aki atau cairan elektrolit yang sesuai dengan jenis aki kamu. Jangan sembarangan menggunakan air biasa, karena bisa merusak aki. Gunakanlah air aki atau cairan elektrolit yang khusus untuk aki motor. Jangan lupa untuk memeriksa tingkat air aki atau cairan elektrolit secara rutin, minimal sebulan sekali. Jaga agar tingkat air aki atau cairan elektrolit tidak terlalu rendah atau terlalu tinggi.

Baca Juga :   Inidia Komponen Motor yang Wajib Dirawat

4. Aki Terlalu Sering Di-Cas atau Overcharging

Hal keempat yang bisa bikin aki motor kamu drop adalah aki yang terlalu sering di-cas atau overcharging. Aki yang terlalu sering di-cas atau overcharging bisa menyebabkan aki menjadi panas, melembung, atau bahkan meledak. Hal ini bisa mengakibatkan aki rusak permanen dan tidak bisa digunakan lagi.

Cara mengatasi aki yang terlalu sering di-cas atau overcharging adalah dengan menghindari penggunaan cas aki yang tidak sesuai dengan spesifikasi aki kamu. Jangan menggunakan cas aki yang terlalu besar atau terlalu kecil. Gunakanlah cas aki yang sesuai dengan kapasitas dan tegangan aki kamu. Jangan lupa untuk memeriksa kondisi aki saat di-cas. Jika aki sudah penuh, segera lepaskan dari cas aki. Jangan biarkan aki terhubung dengan cas aki terlalu lama.

5. Aki Terkena Suhu Ekstrem atau Cuaca Buruk

Hal kelima yang bisa bikin aki motor kamu drop adalah aki yang terkena suhu ekstrem atau cuaca buruk. Aki yang terkena suhu ekstrem atau cuaca buruk bisa menyebabkan aki mengalami perubahan fisik dan kimia. Aki yang terkena suhu dingin bisa menyebabkan aki menjadi kaku, sulit mengalirkan arus listrik, atau bahkan membeku. Aki yang terkena suhu panas bisa menyebabkan aki menjadi lembek, mudah bocor, atau bahkan meleleh. Aki yang terkena hujan atau banjir bisa menyebabkan aki menjadi basah, kotor, atau bahkan korsleting.

Cara mengatasi aki yang terkena suhu ekstrem atau cuaca buruk adalah dengan melindungi aki dari paparan suhu ekstrem atau cuaca buruk. Kamu bisa menutup aki dengan kain atau plastik yang tebal dan rapat. Kamu juga bisa memindahkan aki ke tempat yang lebih aman dan kering. Jika aki sudah terkena suhu ekstrem atau cuaca buruk, segera periksa kondisi aki dan lakukan perawatan yang diperlukan.

Baca Juga :   Pemilihan Dan Perawatan Aki Motor Vario 125 yang Bagus

Kesimpulan

Itulah 5 hal yang bisa bikin aki motor kamu drop dan cara mengatasinya. Aki motor adalah komponen yang penting dan harus dirawat dengan baik. Jangan biarkan aki motor kamu drop, karena bisa bikin motor kamu bermasalah. Jika kamu merawat aki motor kamu dengan baik, kamu bisa menikmati berkendara dengan nyaman dan aman.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu. Jika kamu punya pertanyaan, saran, atau pengalaman seputar aki motor, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman kamu yang juga pengguna motor. Terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Demikianlah artikel tentang 5 Hal yang Bisa Bikin Aki Motor Kamu Drop, yang kami rangkum untuk Anda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Butuh Aksesoris motor? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami Aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Sekian artikel kali ini dari saya. Terima kasih sudah membaca sampai habis. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman kalian yang mungkin membutuhkan informasi ini juga. Sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya. Selamat Mencoba, Salam hangat dari saya

Artikel Terkait

Bagikan:

admin

Media Online Otomotif dan modifikasi motor

Tinggalkan komentar