3 Cara Memilih Oli Motor yang Bagus untuk motor Anda

3 Cara Memilih Oli Motor yang Bagus untuk motor Anda. Aufaproject46.com Hallo masbroOli merupakan kebutuhan utama semua kendaraan. Jika Anda sering bepergian dengan menggunakan kendaraan bermotor maka harus memerhatikan olinya juga. Hal ini untuk menjaga agar mesin tetap prima dan bekerja optimal.

Dengan begitu, motor dapat dikendarai dengan nyaman karena fungsi mesin baik dan halus. Berikut ini cara memilih oli motor yang dapat Anda praktekan. Simak penjelasannya, yuk!

  • Cara Memilih Oli
  • Kekentalan Oli

Saat Anda ingin mengganti oli motor maka harus memerhatikan kekentalan oli atau disebut juga dengan nama SAE. Oleh karena itu, Anda haarus memilih SAE yang sama dengan yang digunakan sebelumnya.

Seandainya, Anda tidak menemukan oli yang sama maka dapat memekai multigrade. Anda harus melihat kode yang tertera di belakang kemasan. Sebab kode yang tertera di depan merupakan kode untuk musim panas dan dingin. Kode tersebut tidak berpengaruh di Indonesia.

Jika motor Anda sudah berumur lebih dari 5 tahun maka harus menggunakan oli dengan SAE lebih tinggi.

3 Cara Memilih Oli

  • Mutu Oli

Setelah memerhatikan tingkat kekentalan oli maka Anda harus mengetahui kode mutu oli atau API. Gunakan oli sesuai dengan standar bawaan motor tersebut. Jika tidak ada maka Anda harus memilih kode mutu oli yang lebih tinggi. Misalnya, jika motor Anda memakai kode mutu oli SE maka harus diganti dengan kode yang sama. Seandainya tidak ada maka Anda harus menggantinya dengan kode mutu oli SF atau kode yang lebih tinggi dari SE.

Baca Juga :   Tips Mengecek Oli Mesin Saat Sebelum Berkendara Jarak Jauh

Anda jangan memilih kode mutu oli yang lebih rendah dari standar bawaan motor karena dapat merusak mesin kendaraan. Sebab zat adiktif akan berbeda pada setiap kode mutu oli. Oleh karena itu, setiap zat adiktif pada kode mutu oli atau API harus sesuai dengan kualitas mesin kendaraannya.

  • Standar Jaso Oli

JASO merupakan kependekan dari Japan Automibile Standard Organization atau standar buat kopling. Terdapat dua jenis standar JASO yaitu JASO MA serta JASO MB. Jaso MA biasanya dipakai untuk kopling basah atau jenis motor dengan gaya gesek yang tinggi seperti motor sport.

Pada umumnya, Jaso MB dipakai untuk kopling kering dengan gaya gesek yang rendah misalnya motor matic.

 

  • Kapan Harus Mengganti Oli

Berikut ini adalah tanda-tanda bahwa oli motor Anda harus segera diganti olinya:

  • Jarak tempuh sudah mencapai 5.000 km dan 3.000 km untuk motor matic
  • Suara transmisi mesin terdengar kasar
  • Warna oli sudah hitam pekat
  • Oli seperti berpasir jika diraba
  • Volum mesin oli berkurang
  • Suhu mesin menjadi lebih tinggi dari sebelumnya

3 Cara Memilih Oli

Anda sudah mengetahui cara memilih oli motor yang bagus. Selain itu, Anda juga sudah memahami kapan waktu tepat untuk menggantinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here