10 Tips Aman Berkendara Saat Musim Hujan

admin

10 Tips Aman Berkendara Saat Musim Hujan

Aufaproject46.com – Memasuki musim hujan, kondisi cuaca saat ini tidak dapat ditentukan. Namun sebagai pengendara sepeda motor, kita bisa lebih siap jika menghadapi hujan deras dan harus menggunakan sepeda motor untuk menunjang mobilitas.

Mengendarai sepeda motor di musim hujan bukanlah hal yang mudah. Pengemudi harus membawa perlengkapan berkendara tambahan untuk melindungi bagian tubuhnya dari hujan. Mulai dari jas hujan, kain microfiber, dan perlengkapan lainnya harus siap.

Di luar itu, Anda harus lebih berhati-hati. Karena saat hujan, jalan akan licin dari biasanya. Ditambah berkurangnya jarak pandang bagi pengendara sepeda motor karena terhalang oleh hujan dan kabut.

Membuat Anda tetap aman saat mengemudi. Berikut 10 tips mengendarai sepeda motor di musim hujan:

1. Pakai jas hujan

Tips Aman Berkendara Saat Musim Hujan
niak motor saat hujan, pakailah jass hujan

Tips mengendarai sepeda motor di musim hujan pertama, sebagai pengendara sepeda motor, pastikan untuk melindungi tubuh Anda dari hujan. Jadi apa yang harus aku lakukan? Kenakan jas hujan jas, jangan gunakan jas hujan ponco karena model ini berbahaya jika Anda menggunakan sepeda motor dengan transmisi manual. Potongan jas hujan yang menggantung bisa masuk ke rantai sepeda motor dan melakukan hal yang tidak diinginkan.

Selain jas hujan, pengemudi juga membutuhkan pelindung kepala. Helm full face direkomendasikan karena menutupi seluruh wajah. Selanjutnya untuk kaki-kaki belilah jas hujan yang melindungi bagian ini, sekarang sudah banyak beredar di pasaran.

2. Periksa Bagian lampu dan rem

Jangan abaikan kondisi sepeda motor Anda, ini tips mengendarai sepeda motor saat musim hujan kedua. Dengan semua bagian yang dilindungi, jangan lupa bahwa sepeda motor harus dalam kondisi sehat saat hujan. Yang paling penting adalah lampu dan rem.

Baca Juga :   Cara Merawat Warna Hitam Doff Sepeda Motor Supaya Tidak Mudah Pudar

Saat musim hujan, dua hal ini menjadi penting mengingat jarak pandang menjadi lebih terbatas saat hujan. Sistem pencahayaan terbesar sangat membantu. Sistem pengereman depan dan belakang juga harus diperhatikan. Karena jalan menjadi lebih licin saat hujan.

3. Kurangi kecepatan Anda

Tips Aman Berkendara Saat Musim Hujan
kurangi kecepatan saat naik motor pas hujan

Saat hujan, kecepatan kendaraan harus dikurangi. Karena jalanan licin saat hujan.

Pengendara sepeda motor harus lebih waspada karena berpotensi menyebabkan ban sepeda motor Anda selip atau tergelincir. Mengemudi pada kecepatan rendah membuat pola tapak kendaraan lebih bersentuhan langsung dengan aspal, memberikan cengkeraman yang lebih baik pada ban.

Hindari mengemudikan kendaraan dengan kecepatan tinggi saat menghadapi genangan air. Hal ini sebagai upaya untuk selalu menjaga keselamatan saat mengendarai sepeda motor di musim hujan.

4. Jangan memakai sepatu yang licin

Tips mengendarai sepeda motor di musim hujan berikutnya, hindari memakai sepatu yang licin karena dapat mengganggu pengendaraan. Khusus untuk pengguna sepeda motor, sebaiknya berkendara dengan alas kaki yang tidak licin, tahan air dan aman.

Sekarang setiap pabrik sepatu sudah mulai memproduksi sepatu bot tahan air. Perlengkapan berkendara ini terbuat dari bahan plastik yang membuat berkendara sepeda motor di saat hujan lebih aman dan nyaman.

5. Pilih bagian jalan yang kering

Tips mengendarai sepeda motor di musim hujan berikutnya adalah menghindari genangan air. Pengendara sepeda motor biasanya melupakan hal ini. Meski hujan, Anda bisa melewatinya dengan terus berjalan di daerah kering. Biasanya bagian ini akan berada di sisi jalan bebas hambatan dekat pembatas jalan.

Mengapa menghindari genangan air? Karena ketika menghadapi situasi ini, Anda mungkin tidak tahu kedalamannya. Hal ini dapat menyebabkan motor tidak berfungsi atau jatuh ke dalam lubang yang mungkin berada di belakang genangan air.

Tidak hanya itu, berbahaya jika Anda menabrak lubang dan bergelombang. Dapat menyebabkan gangguan pada suspensi dan ban sepeda motor, seperti shock absorber retak atau ban bocor.

Baca Juga :   Air Radiatormu Cepat Habis? Simak Penyebab Air Radiator Cepat Habis dan Cara Mengetahuinya

Karena itu, Anda harus lebih berhati-hati saat menghadapi genangan air di jalan. Menjaga Anda tetap aman saat hujan.

6. Periksa tekanan ban

Faktor penting dalam keterampilan sepeda motor Anda untuk musim hujan berikutnya adalah memastikan kondisi ban Anda. Mulailah dengan memeriksa tekanan ban sesuai standar, lalu perhatikan apakah pola ban masih utuh. Tujuannya adalah untuk meminimalkan kemungkinan kendaraan Anda mengapung di atas air (waterskiing) dan tergelincir saat hujan.

Jika kondisi ban kemungkinan tidak tipis, jangan dipaksakan. Sebagai tindakan pencegahan, periksa kondisi ban kendaraan Anda seminggu sekali. Jika Anda mengabaikannya, itu bisa menyebabkan kecelakaan, teman!

7. Siapkan rute Anda

Tips Aman Berkendara Saat Musim Hujan
siapkan segala sesuatu saat mau bepergian saat musim hujan, tentukan juga rute yang akan di lalui

Cara mengendarai sepeda motor di musim hujan, yang terpenting adalah Anda wajib menentukan rute menuju tempat tujuan. Apalagi jika daerah yang akan dilalui belum pernah dikunjungi.

Efeknya bikin bingung, pasti bikin bingung dan mengganggu konsentrasi. Apalagi jika Anda berada di kondisi jalan yang mungkin akan mengalami hujan lebat dan jarak pandang yang buruk.

Tentu saja, ini membutuhkan kemampuan mengemudi dan konsentrasi, jadi harus ekstra hati-hati. Untuk meminimalkan kemungkinan tersesat, sebaiknya rencanakan itinerary perjalanan Anda.

8. Menjaga jarak aman adalah tips mengendarai sepeda motor di musim hujan

Anda harus menjaga jarak aman dengan pengendara lain. Ini adalah cara yang tepat untuk selalu tetap aman saat mengendarai sepeda motor di musim hujan. Karena saat hujan, dibutuhkan jarak yang lebih jauh untuk mengerem kendaraan. Oleh karena itu, jarak aman yang Anda buat bisa menjadi ruang untuk menghindari potensi tabrakan dengan kendaraan di depan.

Lain halnya jika Anda berkendara dalam kondisi kering. Pengereman tidak perlu jauh-jauh dibandingkan saat hari hujan.

Baca Juga :   Cara Setting Shockbreaker Motor agar Tetap Empuk dan Tidak Ambles

9. Selalu perhatikan rambu jalan dan rambu lalu lintas

Mendukung keselamatan berkendara merupakan faktor yang tidak kalah pentingnya saat mengendarai sepeda motor di musim hujan. Anda harus selalu memperhatikan marka jalan dan rambu lalu lintas di sekitar jalan yang Anda lalui.

Marka jalan membantu Anda menghindari kecelakaan dan tetap berada di jalan yang benar dan aman. Tentu saja, rambu lalu lintas dapat membantu Anda memahami apa yang terjadi di sekitar jalan yang Anda hadapi dan lewati.

Jadi ada baiknya jika Anda selalu memperhatikan marka jalan dan rambu lalu lintas yang berlaku di jalan yang Anda lalui. Padahal, bukan hanya musim hujan, tapi juga saat cuaca cerah. Hanya saja saat hujan, pengendara sepeda motor lebih cenderung terabaikan.

10. Jangan menyalakan mesin secara paksa jika terjadi banjir

Pengendara sepeda motor perlu ingat bahwa ketika kendaraan terjebak banjir dan mogok, jangan pernah menyalakan mesin secara paksa.

Karena saat Anda kebanjiran, air masuk ke knalpot kendaraan Anda. Oleh karena itu, ketika mesin mati, Anda tidak boleh memaksa menghidupkan mesin kembali.

Kami menyarankan Anda mendorong kendaraan ke lokasi yang lebih aman. Karena takut sistem pengapian kendaraan anda korslet dan berpotensi membakar kendaraan anda. Berikut tips mengendarai motor di musim hujan terakhir.

Bagaimana, sekarang sudah tahu kan enaknya naik motor di musim hujan? Yang terbaik adalah menerapkan semuanya dalam kehidupan sehari-hari Anda.

Butuh Aksesoris motor matic? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Artikel Terkait

Bagikan:

admin

Media Online Otomotif dan modifikasi motor

Tinggalkan komentar