back to top
Jumat, Juli 5, 2024
BerandaTIPS & TRICKTeknik Pengereman Motor Ketika Hujan, Biasakan Pakai Empat Jari

Teknik Pengereman Motor Ketika Hujan, Biasakan Pakai Empat Jari

Teknik Pengereman Motor Ketika Hujan

Aufaproject46.com – Hay Bro & Sist, Mengendarai motor ketika turun hujan perlu kewaspadaan ekstra. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah teknik pengereman motor ketika hujan. Karena jika salah langkah, bukan tak mungkin motor menjadi tergelincir dan pengendara pun bisa terjatuh.

Cara berkendara ditambah teknik pengereman motor yang kurang tepat ketika hujan merupakan hal yang menyebabkan potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas. Menggunakan rem motor ketika hujan harus hati-hati agar ban tidak selip sehingga pengendara kehilangan keseimbangan karena tak bisa mengendalikan motornya.

Teknik Pengereman Motor Ketika Hujan

Apa saja tips berkendara motor di musim hujan?

Berikut ini beberapa tips berkendara motor di musim hujan yang aman dan nyaman. Berikut adalah tips-tips yang bisa Anda terapkan:

  • Gunakan jas hujan setelan, bukan ponco, untuk melindungi tubuh Anda dari basah dan dingin. Pastikan jas hujan Anda tidak menjuntai atau mengganggu keseimbangan Anda saat berkendara.
  • Gunakan helm full face, yang menutup seluruh wajah Anda, untuk melindungi mata dan telinga Anda dari air hujan dan angin. Jika helm Anda memiliki visor, pastikan visor tersebut bersih dan tidak buram.
  • Gunakan sepatu atau alas kaki yang tidak licin, untuk mencegah kaki Anda tergelincir saat menapakkan kaki di jalan. Hindari menggunakan sandal atau sepatu yang terbuka, karena bisa membuat kaki Anda kedinginan dan lecet.
  • Kurangi kecepatan motor Anda, untuk menghindari ban selip atau aquaplaning. Jaga jarak aman dengan kendaraan di depan Anda, dan hindari mendahului atau menyalip kendaraan lain.
  • Gunakan rem depan dan belakang secara bersamaan, dengan tekanan yang halus dan bertahap. Jangan rem mendadak atau terlalu keras, karena bisa membuat ban terkunci dan motor tergelincir.
  • Nyalakan lampu motor Anda, baik lampu depan maupun belakang, untuk meningkatkan visibilitas dan kewaspadaan Anda. Pastikan lampu motor Anda berfungsi dengan baik dan cukup terang.
  • Hindari melewati genangan air yang dalam atau tidak jelas, karena bisa menyebabkan motor mogok atau rusak. Jika terpaksa melewati genangan air, pastikan Anda mengetahui kedalaman dan kondisi jalan di bawahnya. Turunkan kecepatan motor Anda, dan jangan menarik gas atau rem saat melewati genangan air.
  • Periksa kondisi motor Anda sebelum dan sesudah berkendara di hujan. Pastikan ban, rem, rantai, mesin, dan kelistrikan motor Anda dalam kondisi baik dan tidak ada kerusakan. Jika ada masalah, segera bawa motor Anda ke bengkel resmi terdekat.
Baca Juga :   Tips dan Trik: Cara Mengerem Motor Matic di Turunan yang Aman dan Nyaman

Teknik Pengereman Motor Ketika Hujan

Tips Pengereman Motor Ketika Hujan

Seperti dilansir dari laman Astra Motor, ada beberapa tips terkait teknik pengereman motor ketika hujan. Berikut adalah ulasan singkat tentang tips tersebut.

Gunakan Empat Jari

Gunakan empat jari kanan untuk melakukan pengereman ban depan. Teknik ini disebut membuat pengendara bisa lebih maksimal menghentikan laju motornya. Teknik menggunakan empat jari disebut bisa membantu pengendara menghindari risiko terpeleset ketika melewati jalanan yang licin.

Lepas Handle Gas Motor

Tujuan melepas handle gas motor agar kendaraan bisa berhenti dengan cepat. Karena jika melakukan pengereman namun tetap menarik gas motor, hal ini akan percuma lantaran proses pengereman tak terjadi secara optimal.

Pegang Erat Stang Motor

Saat berkendara di tengah hujan, pegang stang motor dengan kuat. Hal ini untuk mencegah terjadinya ban selip di tengah jalan. Pengendara juga bisa refleks dan menopang motor tersebut dengan kaki dan bagian tubuh.

Kurangi Kecepatan Secara Bertahap

Untuk menghindari terjadinya ban selip, pengendara bisa melakukan pengereman secara bertahap. Perhatikan terlebih dahulu kondisi jalanan sekitar. Jika jalanan sepi, maka bisa lebih leluasa untuk melakukan pengereman secara bertahap. Namun jika jalanan sedang ramai dan macet, opsi terbaiknya adalah menurunkan kecepatan dan berkendara lebih pelan.

Hindari Pakai Rem Belakang

Terakhir, hindari menggunakan rem belakang saat mengendarai motor hujan-hujan. Sebab, penggunaan rem tersebut membuat risiko sliding menjadi lebih besar. Namun, jika memang terpaksa menggunakan rem belakang, maka imbangi juga dengan rem depan.

Kesimpulan

Teknik pengereman motor ketika hujan adalah salah satu hal yang penting untuk diketahui oleh pengendara motor. Teknik pengereman yang baik dan benar dapat menjaga kenyamanan, keamanan, dan efisiensi bahan bakar saat berkendara. Beberapa tips yang bisa diterapkan adalah menggunakan empat jari, melepas handle gas, memegang erat stang, mengurangi kecepatan secara bertahap, dan menghindari rem belakang. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Terima kasih. ????

Baca Juga :   Tiga Penyebab Speedometer Motor Mati dan Cara Mengatasinya

Demikianlah artikel tentang Teknik Pengereman Motor Ketika Hujan, yang kami rangkum untuk Anda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Butuh Aksesoris motor? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami Aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Sekian artikel kali ini dari saya. Terima kasih sudah membaca sampai habis. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman kalian yang mungkin membutuhkan informasi ini juga. Sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya. Selamat Mencoba, Salam hangat dari saya!

admin
adminhttps://aufaproject46.com/
Media Online Otomotif dan modifikasi motor
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments