back to top
Minggu, Juni 30, 2024
BerandaOTOMOTIFKenali Ciri- Ciri Kampas Kopling Yang Aus

Kenali Ciri- Ciri Kampas Kopling Yang Aus

Kenali Ciri- Ciri Kampas Kopling Yang Aus

Aufaproject46.com – Hay sobat otomotif, Kampas kopling adalah bagian penting dari struktur mekanis sepeda motor. Ini bertindak sebagai penghubung dan penyalur kekuatan mesin dari poros engkol ke transmisi.

Seperti bagian mesin lainnya, kampas kopling juga memiliki umur pakai dan ketahanan. Dalam panduan pemilik kendaraan, disarankan untuk memeriksa kondisi kopling setiap 12.000 km atau setiap 12 bulan.

Selain untuk mempertahankan performa mesin, pemeriksaan juga bertujuan untuk mengetahui kondisi kampas kopling, apakah masih dalam kondisi baik atau mulai aus. Gaya berkendara juga sangat mempengaruhi kondisi dan umur pakai kampas kopling.

Pada kondisi kampas kopling sudah mulai tipis atau aus, akan terjadi beberapa gejala yang bisa dirasakan oleh pengendara sepeda motor. Berikut adalah gejala kampas kopling yang sudah aus:

3 Gejala Kampas Kopling Yang Aus

Ciri- Ciri Kampas Kopling Yang Aus

1. Akselerasi mesin Menurun

Saat kampas kopling aus, tenaga tidak akan tersalur dengan maksimal. Akibatnya, mesin motor akan terasa kurang responsif pada setiap posisi gear. Pada kondisi ini, mesin harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk menggerakkan motor. Selain itu, motor juga akan sulit mencapai kecepatan maksimum.

2. Kopling Mudah Selip

Salah satu gejala kampas kopling yang aus adalah sulit memindahkan gigi ke posisi netral bisa menjadi tanda bahwa kampas kopling mulai aus. Selain itu, gejala lain yang bisa dirasakan adalah sering terjadi selip saat perpindahan gear atau mesin terasa kehilangan tenaga. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya kekuatan pencengkraman kampas pada plat gesek.

Baca Juga :   8 Penyebab Oli Mesin Motor Berkurang Drastis dalam Waktu Singkat

3. Mesin Mudah panas

Berkurangnya kekuatan pencengkraman kampas pada plat gesek menyebabkan kedua komponen ini sering tergesek dan menghasilkan panas. Selain itu, panas juga bisa disebabkan oleh mesin yang terus bekerja pada RPM tinggi. Sebagai contoh:

Ciri- Ciri Kampas Kopling Yang Aus

Secara normal, mesin bekerja pada putaran 5000 RPM untuk mencapai kecepatan 60 km/jam. Namun saat kampas kopling dalam kondisi aus, mesin harus berputar pada angka 7000 RPM untuk mencapai kecepatan yang sama.

Jika salah satu atau lebih dari ketiga gejala tersebut mulai dirasakan, segera lakukan perawatan dan perbaikan di jaringan bengkel resmi. Jangan lupa juga untuk melakukan perawatan dan pemeriksaan rutin di bengkel Resmi terdekat agar sepeda motor selalu dalam kondisi terbaik.

Butuh Aksesoris motor? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

admin
adminhttps://aufaproject46.com/
Media Online Otomotif dan modifikasi motor
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments