back to top
Jumat, Juni 28, 2024
BerandaArtikelInidia Komponen Motor yang Wajib Dirawat

Inidia Komponen Motor yang Wajib Dirawat

Inidia Komponen Motor yang Wajib Dirawat

Aufaproject46.com Haloo masbro, Jika Memiliki kendaraan roda dua mungkin terdengar biasa saja, bahkan beberapa orang menyepelekannya. Namun, motor merupakan salah satu kendaraan beroda dua yang banyak digunakan, khususnya di Ibukota karena sangat lincah melewati jalanan yang padat ramai. Akan tetapi, banyak orang yang menganggap motor hanya sebagai kendaraan biasa pada umumnya.

Padahal, dengan adanya motor dan perawatan yang baik, pastinya Masbro Sekalian bisa melaju dengan kencang. Menghalau jalanan macet pun tidak jadi masalah karena adanya motor ini. Namun, kesadaran untuk merawatnya masih sangat kecil. Hal ini lebih banyak dikarenakan kurangnya kesadaran akan hal tersebut. Namun, meski demikian ada beberapa komponen penting yang wajib Masbro Rawat dan ganti untuk kerja motor yang lebih baik.

Apa Sajakah Komponen yang Harus Dirawat?

Merawat kendaraan bermotor sangatlah banyak jenisnya, mulai dari mencucinya, mengelapinya, hingga mengganti part atau komponen yang Muali rewel. Tidak hanya perawatan dari luarnya saja, tetapi dari dalam mesin pun harus dirawat dengan baik. Kali ini kita akan membahas beberapa komponen motor yang wajib dirawat.

Oli Mesin Motor

Komponen Motor yang Wajib Dirawat
oli mesin

Komponen utama yang wajib untuk Masbro perhatikan dan merawatnya adalah oli, di mana yang memiliki fungsi sebagai pelumas mesin. Sehingga pada saat mesin dalam motor bekerja tidak akan mengalami gesekan ataupun benturan. Penggantian oli ini sendiri biasanya sekitar 1 hingga 2 bulan sekali, akan tetapi tentunya menyesuaikan dengan kebutuhan. Gunakanlah jenis oli yang baik untuk menambah panjang umur pada mesin motor.

Ban Motor

Komponen Motor yang Wajib Dirawat
ban motor

Komponen motor yang wajib dirawat selanjutnya ialah ban. Mungkin masih banyak orang yang berangggapan bahwa ban bukanlah hal penting yang membutuhkan perawatan ekstra. Padahal, ban sendiri selayaknya kaki untuk kita berjalan. Oleh sebab itu komponen satu ini wajib dirawat agar tidak aus dan menyebabkan motor mudah tergelincir. Segera melakukan penggantian jika dirasa karetnya sudah mulai mengalami kebotakan.

Kampasrem Motor

Baca Juga :   Pemilihan Dan Perawatan Aki Motor Vario 125 yang Bagus
Komponen Motor yang Wajib Dirawat
kampas rem

Rem termasuk pada bagian yang juga sangat penting dalam motor, karena tanpa adanya benda satu ini, kita tidak bisa mengendalikan laju kendaraan. Komponen satu ini wajib dirawat dan diganti secara rutin 2 sampai 3 bulan sekali. Dengan penggantian ini, sistem pemberhetian atau pengereman pada motor bisa berjalan dengan baik. Jika Masbro tidak rajin mengganti kampas satu ini, bisa jadi motor tak terkendali dan menimbulkan kecelakaan saat berkendara.

Aki Motor

Komponen Motor yang Wajib Dirawat
aki motor

Berikutnya dis ini adalah aki yang wajib untuk diganti secara rutin, baik 1,5 sampai 2 tahun sekali. Tanpa adanya aki, motor tidak bisa berfungsi karena penyaluran daya listrik ke motor tidak berjalan dengan maksimal. Oleh sebab itulah aki termasuk dalam komponen motor yang wajib dirawat. Dengan demikian kinerja motor berjalan lancar dan lampu juga bisa hidup maksimal.

Dari beberapa komponen motor yang wajib dirawat ini, apakah ada yang terlupakan oleh masbro sekalia? Mari, kita sama-sama cek kendaraan dan lakukan perawatan untuk keamanan dan kenayaman dalam berkendara!

admin
adminhttps://aufaproject46.com/
Media Online Otomotif dan modifikasi motor
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments