back to top
Rabu, Juli 3, 2024
BerandaTIPS & TRICKIni Dia Ciri-Ciri Oli Gardan Motor Matic Habis, Dan Cara Menggantinya

Ini Dia Ciri-Ciri Oli Gardan Motor Matic Habis, Dan Cara Menggantinya

Ini Dia Ciri-Ciri Oli Gardan Motor Matic Habis,

Aufaproject46.com – Hayy Sobat Otomotif, Selain oli yang digunakan untuk melumasi sistem mesin, yang tak kalah pentingnya untuk sepeda motor matic adalah oli gardan yang melumasi dan menghaluskan rasio roda gigi transmisi matik. Karena pentingnya fungsi ini, penggantian berkala diperlukan.

Kelalaian saat mengganti oli gardan akan menyebabkan rasio roda gigi putus, cepat rusak, dan suara menjadi keras. Hal ini karena gesekan dinamis terlalu besar, menyebabkan putaran antar mesin terhalang, mengakibatkan pengoperasian kondisi kerja yang tidak mulus, dan pengendaraan menjadi tidak nyaman.

Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa mengingat pentingnya peran oli gardan sepeda motor ini, maka seperti halnya penggantian oli mesin, penggantian itu wajib dilakukan dan dilakukan secara berkala untuk menjaga agar sepeda motor tetap dalam kondisi perawatan yang baik. Berikut ini kami ulas pentingnya mengganti oli poros motor.

Masa Pakai Oli Gardan Motor

Ciri-Ciri Oli Gardan Motor Matic Habis

Terkadang kita lupa atau tidak tahu kapan harus mengganti oli poros motor, dan sudah berapa bulan, agar fungsinya tetap berjalan lancar. Sebenarnya semua tergantung dari kondisi masing-masing sepeda motor dan cara pemakaiannya sehari-hari, namun beberapa informasi ini bisa menjadi acuan kapan harus mengganti sepeda motor Anda.

Pada dasarnya oli gardan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama dibandingkan oli kendaraan, karena fungsi kerja oli gardan lebih ringan dari oli mesin, serta berperan sebagai pelumas roda gigi motor saja.

Baca Juga :   11 Penyebab Fitur Idling Stop Motor Tidak Berfungsi

Secara umum, oli gardan motor dapat diganti setelah 4-8 bulan, tetapi juga dapat diganti setiap 3 bulan. Jika kilometer digunakan sebagai unit, dapat diganti setelah 8000 kilometer, yaitu oli gardan perlu diganti.

Patokan sederhana lainnya adalah jika Anda melakukan perbaikan mobil dan ganti oli, maka servis sepeda motor Anda dan ganti oli setiap dua kali, salah satunya termasuk ganti oli gardan. Oleh karena itu perbandingan penggantian oli mesin dengan oli gardan adalah 2:1.

Mengganti oli poros motor tentunya untuk menjaga kondisi sepeda motor tetap terawat, perpindahan transmisi otomatis berjalan mulus, dan kondisi CVT lebih terasa halus dan awet.

Ciri Ciri Oli Gardan Motor Matic Habis

Ciri-Ciri Oli Gardan Motor Matic Habis

Terkadang kita tidak tahu kapan harus mengganti oli gardan, maka sebaiknya kita memahami ciri-ciri oli gardan otomatis habis dan harus diganti. Berikut adalah fitur utamanya:

1. Motor sepertinya bergetar.

Karena sistem pelumasan tidak bekerja dengan baik. Kemudian sepeda motor mengalami situasi getaran dimana sepeda motor bergetar secara tiba-tiba dan suaranya menjadi keras, terutama saat melewati jalan dengan kondisi tertentu, seperti menuruni tanjakan atau tanjakan.

2. Ada suara tidak normal di kotak CVT.

Jika oli gardan hampir habis, maka akan menimbulkan suara keras dan suara gemerincing yang mengganggu akan terdengar. Hal ini terjadi karena oli gardan yang menjalankan transmisi otomatis sudah tidak lagi kental atau encer. Jika tidak segera diganti, dikhawatirkan part tersebut akan rusak, dan tentunya akan lebih mahal untuk mengganti atau memperbaikinya.

3. Polusi Oli Gardan.

Dalam hal ini berarti oli sudah menjadi encer, kurang kental dan dalam keadaan terkontaminasi.

Merawat sepeda motor merupakan hal yang penting agar kondisinya tetap terjaga dan berjalan dengan lancar. Kelalaian merawat motor ini dapat mengakibatkan kerusakan pada motor atau gangguan atau kondisi penggunaan yang tidak normal.

Baca Juga :   Cara Mengemudi Mobil Manual yang Wajib Dicoba!

Butuh Aksesoris motor? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

admin
adminhttps://aufaproject46.com/
Media Online Otomotif dan modifikasi motor
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments