back to top
Jumat, Juni 28, 2024
BerandaOTOMOTIFHonda CRF Vs Kawasaki KLX 150

Honda CRF Vs Kawasaki KLX 150

Honda CRF Vs Kawasaki KLX 150, Aufaproject46.com Hallo Masbro, Sejak honda menghadirkan jenis motor varian baru yaitu CRF membuat KLX mempunyai saingan baru. memang sih kedua motor tersebut berasal dari pabrikan jepang. juga bisa di bilang kedua motor tersebut hampir mirip serta kualitas dari keduanya tidak perlu di ragukan lagi. pasti hal ini akan membuat bingung calon pembeli.

Saat ini di indonesia baik dari KLX maupun CRF menawarkan berbagai macam tipe motor. bila melihat surveinya kabanyakan kawasaki KLX 150 dan honda CRF 150 L lah yang banyak di minati atau paling populer di indonesia. sebab kedua jenis motor tersebut berada di kelas entry level. hal ini membuat pengendara yang baru atau pemula pun bisa menikmatinya.

Jika biasanya motor trail di gunakan di medan offroad kali ini kebanyakan di indonesia khusunya para kaum mudawan lebih sering menggunakanya untuk di jalanan beraspal selain menambah kece atau kepercayaan diri menungganginya pun di rasa cukup nyaman. karena baik dari kawasaki KLX 150 dan Honda CRF 150, sudah di pasangi berbagai jenis komponen guna menunjang pengendara di jalanan beraspal. contoh sedikit dari beberapa komponen tersebut meliputi lampu depan, sein dan juga spion.

Bila sedikit lebih meruncing terkait masalah penjualan bisa di bilang kawasaki KLX 150 ini tetap lebih laris di pasaran. hal ini di sebabkan motor jenis ini memiliki start lebih awal bila di banding dengan honda CRF. yaitu sejak tahun 2009 hal ini sangat lah wajar penduduk di indonesia lebih mengenal nya.

Sementara di sisi lainya HONDA CRF 150 sedikit lebih ketinggalan karena baru muncul atau rilis di indonesia yakni tahun 2017. dengan hadirnya honda CRF 150 ini tentu menjadikanya pesaing terdekat dari KAWASAKI KLX 150. tentu dengan usia yang masih bisa di bilang seperti bayi baru lahir hal ini menyebabkan banyak masyrakat yang belum mengenal nya. dan bisa di pastikan masih banyak yang penasaran terkait performa dan spesifikasinya.

Jika melihat sisi dalam dari yamaha sebenarnya mereka memiliki produkan yang bisa di bilang sebagai kompotitor dari honda dan kawasaki yaitu dengan YAMAHA WR155R. tetapi meskipun begitu bisa di bilang lebih banyak perbedaanya di banding kesamaanya dengan honda CRF dan kawaski KLX. bila di lihat dari segi mesinya, kapasitas mesin yang di gunakan nya ialah sebesar 155 cc. dan juga telah di lengkapi dengan pendingin cairan.

Dan juga harga dari yamaha WR155R ini bisa di bilang cukup mahal yakni mencapai Rp 36,9 juta(OTR JAKARTA).tetapi hal yang akan kita bahas kali ini bukanlah tentang yamaha WR155R, melainkan tentang komparasi antara CRF dan KLX.

Bila anda di suruh memilih antara honda CRF 150 dan kawasaki KLX 150, manakah yang akan anda pilih dari keduanya so mereka berdua juga sama sama jenis motor trail. biar anda lebih paham mengenai keduanya simak pertarungan spesifikasi dari honda CRF 150 dan yamaha KLX 150 entry level dengan membaca tulisan di bawah ini.

  • Komparasi Mesin CRF Vs KLX 150

Honda CRF Vs Kawasaki KLX

baik dari kawasaki KLX 150 maupun honda CRF 150 telah menggunakan mesin dengan kapasitas 150 cc.

Bila melihat dari spesifikasi mesin dari honda CRF dan kawasaki KLX memang lah sangat sengit sebab keduanya sama sama menggunakan mesin berkapasitas 150 cc, satu silinderSOHC serta pendingin udara. tetapi kalau di bagian penyemprotan bahan bakar sangat lah berbeda jauh.

Sebab saat ini kawasaki KLX 150 masih mengandalkan sistem karburator. sedangkan di sisi pesaing terdekatnya yakni honda CRF 150 telah menggunakan sistem injeksi (PGM-FI). menurut kalian manakah yang lebih unggul antara sistem injeksi dan sistem karburator.

Tetapi meskipun begitu baik dari sistem injeksi maupun sistem karburator masing masing memiliki kelebihan dan juga kekurangan. kita mulai dari sistem karburator telebih dahulu kelebihan dari nya ialah lebih mudah melakukan penyetingan dan memodifikasinya dan juga perawatnya cukup mudah. biasanya para pengendara sering mengatur bukaan gas dan udara agar performa nya lebih mantap.

Baca Juga :   Kompensasi Bagi Konsumen yang Membeli Motor Honda Sebelum 25 Oktober 2023

Hal ini berbeda jauh dengan sistem injeksi yang sudah elektrik. bila ingin menyeting ulang harus menggunakan komputer. sebab hanya di bengkel resmi yang biasanya menyediakan alat ini. berbeda dengan sistem karburator yang mana banyak bengkel yang bisa melakukanya sebab tidak perlu menggunakan alat yang canggih. meski begitu sistem injeksi bisa di bilang lebih ramah lingkungan serta selalu siap menghadapi perbedaan cuaca.

Dengan di tambahkanya sistem pengabutan bahan bakar injeksi pada honda CRF 150 ini membuat konsumsi pada bahan bakar minyak lebih teratur atau lebih irit. biasanya satu liter bahan bakar minyak pada honda CRF 150 inj mampu menempuh jarak sekitar 40 km. sementara di sisi lain konsumsi bahan bakar minyak pada kawasaki KLX 150 bisa di bilang lebih boros dan hanya mampu memenpuh jarak sekitar 33 km.

Tetapi jika melihat dari segi performa manakah yang lebih unggul antara kawasaki KLX 150 dan honda CRF 150 ini?? jawabanya honda CRF 150 ini lebih unggul di banding kawasaki KLX 150.

Mesin motor pada kawaski KLX 150 hanya bisa mengeluarkan torsi puncak sebesar 11,3 Nm pada 6.500 rpm dan tenaga maksimal yang di hasilkan sebesar 11,5 hp pada 8.000 rpm. sementara pada honda CRF 150 jantung mekanis nya mampu mengeluarkan torsi puncak mencapai 12,43 Nm pada 6.500 rpm dan tenaga yang di hasilkan sebesar 12.7 Hp pada 8.000 rpm. dengan ini bisa di simpulkan bahwa motor pabrikan berlogo sayap ini lebih unggul masalah performa nya.

Para konsumen pum sudah merasakan kenikmatan dari performa yang di hasilkan oleh honda CRF 150 ini. biasanya pengendara sering merasakan tarikan yang di hasilkan akan lebih responsif bila di bandingkan dengan kawasaki KLX 150. sedikit wawasan mesin yang di pakai pada honda CRF 150 ini sebenarnya menggunakan basis dari honda CB150 Verza, tetapi sudah melewati berbagai revisi.

Sebenarnya kelebihan Honda CRF 150 ini tidak hanya di situ saja melainkan masih banyak lagi yang belum saya sebutkan. salah satunya ialah tangki yang sangat besar dan mampu menampung bahan bakar minyak mencapai 7,2 liter. dengan kelebihan seperti ini tentu akan membuat pengedara lebih nyaman karena tidak perlu sering sering mengisi BBM. bandingan saja dengan kawasaki KLX 150 yang tangki nya hanya mampu menampung bahan bakar minyak sebesar 6,9 liter.

Jika di akumulasikan honda CRF 150 lebih unggul di bagian mesin karena memiliki banyak keunggulan seperti tangki BBM yang lebih besar di tambah lagi performa yang di hasilkan lebih mantap. dengan berbagai keunggulan tersebut membuat honda CRF 150 ini sedikit lebih unggul bila di bandingkan dengan kawasaki CRF 150 yang sedikit di bawahnya.

  • Spesifikasi Mesin CRF Vs KLX 150

Honda CRF Vs Kawasaki KLX
Honda CRF Vs Kawasaki KLX 150

Honda CRF 150L Kawsaki KLX 150 Konfigurasi Mesin Satu Silinder, SOHC, Pendingin Udara Satu Silinder, SOHC, Pendingin Udara Kapasitas Mesin 149,15 cc 144 cc Torsi 12,43 Nm / 6.500 rpm 11,3 Nm / 6.500 rpm Tenaga 12,7 hp / 8.000 rpm 11,5 hp / 8.000 rpm Transmisi 5-Percepatan Manual 5-Percepatan Manual Sistem Penyemprotan Bahan Bakar Injeksi Karburator.

Dimensi dan Posisi Berkendara Kawasaki KLX 150 Vs Honda CRF 150L

Meskipun di rasa lebih kalah unggul bila di banding dengan honda CRF 150 tetapi kawasaki KLX 150 juga mempunyai kelebihan di bagian lainya nya yaitu tentang bobot rangka yang lebih ringan bila di bandingkan dengan honda CRF 150 . tetapi bila di lihat dari segi tampilan memang keduanya tidak jauh berbeda. karena sama sama memiliki fungsi untuk lebih bisa melaju kencang di medan offroad di bandingkan dengan gaya.

Baca Juga :   Punya Motor Sport? Simak Cara Merawat Motor Sport Disini!

Tetapi bila di lihat secara detail akan ada banyak perbedaan pada keduanya mulai dari bobot motor, dimensk hingga karakternya.

Memang sih spesifikadi dari kawasaki KLX 150 ini lebih unggul sebab memiliki banyak varian. pabrikan asal jepang ini menawarkan jenis motor ini dalam tiga versi yaitu: KLX 150, KLX 150L dan juga KLX 150 BF. pertanyaanya apa saja yang membedakan dari ketiganya??.

Jika kamu masih di posisi pemula atau baru belajar, motor jenis KLX 150 ini sangat lah cocok bagi kamu sebab KLX 150 ini memiliko desain jok yang cukup rendah dan juga memiliki ukuran ban yang kecil. ukuran pada roda depan 70/100-19 inci sedangkan pada ban belakang 90/100-16 inci. terkait suspensi nya masih cukup mengandalkan teleskopik 34 mm. dengan desain yang lebih dinamis tentunya akan membuat si pengendara lebih mudah menapakan kakinya ke jalan. pastinya akan menambah kepercayaan diri anda.

Tetapi bila kamu menginginkan tampilam yang lebih gagah atau dewasa, bisa juga mwmilih kawasaki KLX 150L. sebab motor jenis ini memiliki ukuran ban yang cukup besar di bandingkan dengan KLX 150. ukuran ban depan yang di gunakan ialah 21 inci dan ban belakang berukuran 19 inci
dengan ukuran yang lebih besar tentu posisi jok akan jadi lebih tinggi, di sarankan bila anda ingin menggunakannya sebaiknya memiliki ukuran tinggi badan 170 keatas. sebab bila anda hanya memiliki ukuran tinggi 170 kebawah bisa di pastikan anda akan jinjit. kemudian terkait varian khusus pada KLX 150 BF ada keunikan tersendiri dibagian suspensi depan upside down.

Yang menarik dari pada KLX 150 ini ialah tentang bobotnya yang cukup ringan sebesar 116-118 kg. berbeda dengan bobot yang di miliki oleh honda CRF 150 yang sebesar 122 kg.

Motor hasil dari pabrikan berlogo sayap ini juga tidak menawarkan varian lain. motor ini hanya menyediakan kelengkapam suspensi upside down. terkait dengan ukuran ban sebenarnya mirip dengan yang di gunakan oleh kawasaki KLX 150BF. yakni 21 inci di bagian depan dan 18 inci di bagian belakang.

Dengan bobot yang cukup berat itu di rasa menjadi kekurangan tersendiri bagi honda CRF 150. bila melihat pada medan offroad motor terjatuh menjadi pemandangan yang biasa, bila bobot motor semakin berat tentu untuk membangkitkanya akan cukup susah.

Menurut kamu lebih srek mana dengan tampilan yang di miliki oleh Kawasaki KLX 150 atau honda CRF 150??

  • Spesifikasi Dimensi Honda CRF 150L Vs Kawasaki KLX 150

Honda CRF Vs Kawasaki KLX

Honda CRF 150L Kawsaki KLX 150BF Dimensi (PXLXT) 2.119 x 793 x 1.153 mm 2.070 x 825 x 1.155 mm Jarak Terendah ke Tanah 285 mm 295 mm Berat 122 Kg 118 Kg Kapasitas Tangki 7,2 Liter 6,9 Liter

  • Fitur Honda CRF 150L Vs Kawasaki KLX 150

Selanjutnya kita beralih ke bagian fitur. dengan di lengkapi nya fitur panel instrumen digital pada honda CRF 150 tentu akan membuat tampilan dari honda CRF 150 ini akan lebih modern. juga ada rem cakram yang bisa di katakan ukuranya yang cukup besar. hal ini berbeda dengan pesaing terdekatnya yaitu kawasaki KLX 150 yang masih cukup nyaman dengan analog. menurut kalian tentang kelebihan dan kekurangan fitur mana yang lebih unggul dari keduanya??

Di sisi cakram honda CRF 150 telah melengkapinya dengan ukuran yang cukup besar yakni pada bagian depan sebesar 240 mm, sementara pada bagian belakang sebesar 220 mm. di sisi lain pada kawasaki KLX 150 cakram yang di gunakan pada bagian depan sebenarya ukuranya juga terbilang sama yakni 240 mm tetapi yang menjadi perhatian ialah pada bagian belakang yang hanya menggunakan ukuran sebesar 190 mm. pastinya dengan ukuran cakram yang cukup besar nantinya akan berpengaruh pada saat pengereman. karena biasanya cakram yang besar pengeremanya akan jadi stabil.

Baca Juga :   Mengelola Batas Kebisingan Knalpot Motor 150cc untuk Dunia yang Lebih Tenang

Pertanyaanya apakah fitur yang ada pada KLX sebanding dengan yang di miliki oleh honda CRF 150??
untuk khusus varia BF ada edisi spesial yang di tidak bisa di temui di varian KLX lainya. selain itu ada juga tambahan aksesoris khas motor trail yaitu hand guard, engine guard dan pelek warna hitam. dengan begitu akan nampak lebih berkesan dan pastinya sangar.

Memang varian BF ini sangat lah rekomended bagi kamu yang malas memodifikasi sebab tampilan pada varian BF ini sudah sepenuhnya ala offroad.

  • Komparasi Harga CRF Vs KLX 150

Sebenarnya ada banyak harga yang di tawarkan untuk kawasaki KLX ini, harganya cukup beragam mulai dari kisaran Rp 30,7 juta. bagaimana apakah sudah sesuai isi kantong kamu?? tetapi ada juga harga di kisaran lainya tergantung dari kualitas si motor tersebut.
akhirnya kita sampai di segmen terakhir dari pertarungan antara kawasaki KLX 150 melawan honda CRF 150 yaitu pasal harga
seperti yang sudah saya sebutkan di atas, kawasaki memberikan bandrol yang bervariasi pada jenis KLX mulai dari Rp 30,7 juta bahkan sampai di kisaran Rp 37,7 juta tapi ini berlaku untuk varia BF extreme.

Dengan begitu di harapkan nantinya konsumen bisa menentukan pilihanya masing masing sesuai isi kantong dompet mereka. serta pabrikan dari jepang ini juga menawarkan pilihan warna yang cukup beragam.

Di sisi lain yaitu honda CRF 150L hanya menawarkan satu varian motor saja. sedangkan harga yang di tawarkan dari honda CRF 150 ini berkisar Rp 34,45 juta (OTR JAKARTA). dan juga ada tiga jenis varian warna yaitu extreme red, extreme black dan extreme grey.

Itulah informasi lengkap mengenai honda CRF 150 dan kawasaki KLX 150. dengan berbagai macam pemaparan di atas di harapkan kamu nantinya bisa menyimpulkam sendiri terkait motor mana yang cocok dan ingin kamu beli. sebaiknya pikirkan matang matang sebelum membelinya dan hal yang terpenting ialah pahami dulu seluk beluk dari kedua pabrikan tersebut. memang sih agak sulit membandingkan keduanya sebab sama sam memiliki kelebihan serta kekurangan masing masing.

Tetapi bila kamu yang hoby mengotak atik motor sebaiknya Kawasaki KLX ini sangat lah rekomended bagi kamu sebab dengan adanya sistem karburator nantinya akan mudah di modifikasi. dan juga dengan banyak pilihan warna yang di tawarkan juga akan menambah kesan yang mendalam bagi si konsumen sebab konsemen nantinya bisa memilih warna sesuai budget mereka masing masing.

Selanjutnya di kubu Honda CRF 150 juga rekomended bagi kamu yang malas untuk mengotak atik motor dan ingin nya beres saja. sebab performa dari motor ini sudah cukup mantap. kamu hanya tinggal menarik gas saja sudah bisa melewati berbagai rintangan yang ada di jalan. usahakan sebelum mengendarai motor jenis trail ini sebaiknya gunakan peralatan yang bisa menunjang keselamatan atau safety. seperti helm, sepati tinggi serta body pretektor.

Sekedar saran jika kamu membeli dari salah satu jenis motor tersebut usahakan pertimbangkan dulu masalah harga apakah pas dan cocok buat kamu. sebaiknya bila dana tidak mencukupi urungkan dulu niat anda untuk memilikinya. tetapi bila anda tetap ngotot u tuk memilikinya keputusan ada di tangan anda. karena setiap orang biasanya memiliki sentimen tersendiri pada produk tertentu. dan semoga beberapa pemaparan di atas bisa membantu bagi kamu yang masih bingung hendak memiliih motor mana yang hendak di beli khusunya di jenis motor trail.

Sekedar informasi terbaru, dengar dengar saat ini kawasaki telah menyiapkam model KLX 150 terbaru. tujuanya tidak lah berbeda dari sebelumnya yakni guna mempertajam dan memperkuat posisi nya di pasaran.

Sedikit bocoran katanya kawasaki KLX 150 masih akan tetap mempertahankan tentang kelebihan berat motor yang pasti lebih ringan. dan di gadang gadang akan juga mengganti sistem karburator menjadi injeksi. dan di pastikan performa nya akan. jauh lebih mantap. semua pasti penasara dengan sosok ini. mari kita sama sama menunggu kapan peluncuranya.

Lalu bagaimana dengan pendapat anda apakah lebih condong ke kawasaki KLX 150 atau honda CRF 150?? silahkan tentukan sesuai kebutuhan masing-masing keduanya sama sama bagus

Sumber Editor @Udin

admin
adminhttps://aufaproject46.com/
Media Online Otomotif dan modifikasi motor
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments