back to top
Minggu, Juni 30, 2024
BerandaTIPS & TRICK5 Langkah Mudah Cara Ganti Oli Gardan Motor Matic Sendiri Di Rumah

5 Langkah Mudah Cara Ganti Oli Gardan Motor Matic Sendiri Di Rumah

Cara Ganti Oli Gardan Motor Matic Sendiri Di Rumah

Aufaproject46.com – Hallo Sobat otomotif, Salah satu perawatan yang harus dilakukan oleh pemilik motor matic secara rutin adalah mengganti oli gardan. Oli gardan atau oli transmisi pada motor matic berfungsi untuk melumasi komponen-komponen transmisi pada gear box sehingga memberikan pengalaman berkendara yang nyaman.

Kami sendiri melakukan survey kecil-kecilan dengan responden orang-orang terdekat yang memiliki motor matic. Banyak dari mereka yang merasa tidak perlu mengganti oli gardan karena saat penggantian terakhir warna dari oli masih bening dan memutuskan untuk mengganti satu tahun sekali. Beberapa dari mereka juga menyatakan tidak mengetahui letak dan fungsi dari pelumas ini.

Perlu diketahui bahwa oli gardan berada di dalam Gear Box motor matic yang tidak mengalami pembakaran langsung seperti oli mesin. Hal ini yang menyebabkan warna oli tetap bening meski telah digunakan dalam waktu lama.

Meskipun demikian, ketebalan oli yang masih bening bukan berarti kualitas oli tetap terjaga. Dalam jangka panjang, paparan panas mesin dan gaya berkendara dapat menurunkan tingkat kekentalan dan kualitas oli secara keseluruhan.

Jika tidak segera diganti, kamu akan mendengar suara keras dari gear box. Jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, ini akan menyebabkan kerusakan pada komponen transmisi motor yang akan menyebabkan biaya yang cukup besar.

Karena itu, ganti oli gardan harus dilakukan secara rutin. Oli gardan tidak perlu diganti sesering oli mesin, karena tidak mengalami pembakaran langsung. Kamu dapat mengganti oli gardan setelah tiga kali ganti oli mesin atau secara sederhana melakukan penggantian oli gardan setiap 6.000 km sekali.

Untuk mereka yang sibuk dan tidak memiliki waktu untuk pergi ke bengkel atau ingin melakukan perawatan kendaraan sendiri, kamu dapat mengganti oli gardan secara mandiri di rumah.

Baca Juga :   Jalur Kabel Kiprok RX King

Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan untuk mengganti oli gardan motor matic secara mandiri di rumah khusus untuk kamu, silakan ikuti panduan di bawah ini.

Alat Yang Perlu Di Siapkan

Sebelum memulai proses penggantian oli, sebaiknya kamu mempersiapkan alat-alat yang diperlukan. Setidaknya kamu membutuhkan tiga hal yang harus disiapkan yaitu:

  1. Wadah penampungan oli bekas
  2. Kunci T atau Kunci Y ukuran 12
  3. Oli Gardan Baru

Setelah peralatan pendukung telah siap, ikuti panduan cara ganti oli gardan motor matic di bawah ini:

Cara Ganti Oli Gardan Motor Matic Sendiri

Cara Ganti Oli Gardan Motor Matic

1. Panaskan Mesin Motor

Pastikan untuk memarkir motor pada permukaan yang rata dan menggunakan standar dua atau standar tengah, sebelum memulai proses ganti oli. Usahakan untuk memanaskan mesin selama 10-15 menit sebelum membuka baut, karena dengan kondisi mesin yang hangat akan memudahkan pengeluaran oli dari ruang gearbox.

Namun juga ingat untuk menunggu hingga mesin dingin jika motor baru digunakan dan mesin masih dalam keadaan panas, karena membuka baut pada kondisi mesin panas dapat menyebabkan kerusakan pada ulir drat baut motor.

2. Buka Baut Tap Oli

Cara Ganti Oli Gardan Motor Matic

Setelah mesin di rasa sudah hangat, sekarang buka baut penguras oli gardan yang terletak (biasanya) di bawah transmisi otomatis, jangan lupa untuk meletakkan wadah oli bekas di bagian bawah agar tidak mengotori area sekitar.

3. Kuras oli bekas

Jika baut kuras terbuka, diamkan selama 15 menit agar oli bekas terkuras dengan maksimal, Anda juga bisa menurunkan standar samping motor dan memiringkan motor untuk membuang sisa oli yang mungkin mengendap.

4. Pasang Baut Tap

Jika tidak terlihat lagi oli yang menetes keluar maka kembalikan motor ke posisi semula dengan center gauge kemudian pasang kembali baut penguras oli dan buka baut pengisi oli yang berada di atas saluran oli.

Baca Juga :   Tiga Penyebab Speedometer Motor Mati dan Cara Mengatasinya

5. Tambahkan oli baru,

Kepala botol oli poros yang Anda beli dapat digunakan sebagai corong.Perlu dicatat bahwa lubang pengisian oli gandar pada beberapa model berbentuk horizontal, jadi saat mengisi, Anda perlu menekan botol oli gandar untuk mendorong oli keluar dari botol.

Jika oli baru masuk, periksa lubang pembuangan oli dari kebocoran oli.Jika tidak, proses penggantian oli poros selesai.Demikian pembahasan cara mengganti oli mesin gear matic yang benar,

Semoga panduan yang kami tulis ini memberikan sedikit wawasan untuk anda dalam merawat kendaraan pribadi anda dan sampai jumpa di artikel kami berikutnya.

Butuh Aksesoris motor? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

admin
adminhttps://aufaproject46.com/
Media Online Otomotif dan modifikasi motor
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments