back to top
Minggu, Juni 30, 2024
BerandaRIVIEW5 Rekomendasi Oli Gandan Motor Matic Terbaik

5 Rekomendasi Oli Gandan Motor Matic Terbaik

5 Rekomendasi Oli Gandan Motor Matic Terbaik

Aufaproject46.com Hallo Sobat otomotif, Setiap motor matik (skuter) dilengkapi dengan dua oli, yaitu oli mesin dan oli transmisi atau oli gardan. Memilih oli gardan terbaik adalah suatu keharusan bagi pemilik sepeda motor.

Pasalnya, cairan transmisi berperan sama pentingnya dengan oli mesin dalam menunjang kenyamanan berkendara. Tugas oli gardan adalah melindungi komponen transmisi yang ada di dalam transmisi, memastikan performa transmisi matic dalam kondisi terbaiknya.

Sedangkan oli bertugas untuk melumasi bagian-bagian mesin agar tidak langsung bergesekan. Membuat mesin bekerja dengan lancar. Jika kedua minyak pelumas di atas terabaikan dalam perawatannya, bisa dipastikan sepeda motor Anda tidak dalam kondisi terbaiknya.

Karena itu, sangat penting untuk mengganti oli secara teratur. Untuk oli mesin dan oli gardan. Interval penggantian oli gandar sedikit lebih lama dibandingkan dengan oli mesin.

Rata-rata setiap pabrikan sepeda motor menganjurkan untuk mengganti oli gardan setelah sepeda motor menempuh jarak 6.000 kilometer. Sebaliknya, oli mesin biasanya diganti setelah 2.000 km.

Sejalan dengan tingginya penjualan sepeda motor matic di Indonesia, mendorong produsen pelumas motor untuk meluncurkan produk oli khusus gardan skutik. Oli gardan memiliki komposisi dan aditif yang berbeda, tergantung pabrikannya.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memperhatikan pemilihan oli gardan terbaik yang benar-benar cocok untuk motor matic kesayangan Anda. Pasalnya, setiap fluida transmisi juga memiliki viskositas yang tinggi dan aditif yang beragam.

Jika digunakan secara tidak benar, bagian transmisi motor dapat rusak. Dari sekian banyak pilihan oli gardan terbaik, dibawah ini kami akan memberikan beberapa kemungkinan referensi untuk pemilihan.

Baca Juga :   Biaya Servis ECU Motor – Semua yang Perlu Anda Ketahui!

Berikut lima Rekomendasi oli gardan terbaik untuk dipilih:

1. Shell Advance Scooter Gear Oil,

Salah satu oli gardan terbaik, Untuk pilihan pertama Anda untuk oli gardan terbaik, pilih Shell Advance Scooter Gear Oil. Kiprah Shell dalam industri pelumas global tidak dapat disangkal.

Rekomendasi Oli Gandan Motor

Shell adalah perusahaan oli global dengan unit bisnis pelumas motor roda empat dan roda dua. Khusus untuk motor matic, Shell memiliki rangkaian pelumas diantaranya Shell Advance Scooter Gear Oil.

Oli gardan motor otomatis khusus ini dirancang untuk skuter yang biasanya digunakan di lalu lintas padat. Shell Advance Scooter Gear Oil menampilkan Teknologi PurePlus.

Dimana pelumas mampu beroperasi pada suhu mesin rendah maupun tinggi. Sahabat yang ingin menggunakan Oli Gear Skuter Shell Advance bisa mendapatkan harga Rp 20.000 dan spesifikasi 120 ml di pasaran.

Pelumas ini memiliki viskositas 15W-40. Pelumas ini juga dilengkapi dengan Active Cleaning Technology yang menjaga ruang transmisi tetap bersih dan bebas dari partikel yang dapat mengganggu kinerja ruang gerak.

Alhasil, ruang transmisi tetap bersih dan suara mesin motor matic Anda bisa lebih halus.

2. Pertamina Enduro

Rekomendasi Oli Gandan Motor

Rekomendasi oli gardan terbaik yang bisa Anda pilih adalah Oli Gear Pertamina Enduro. Untuk kualitas, produk ini sudah berstandar internasional ya teman-teman!

Oli roda gigi Pertamina Enduro biasanya tersedia dalam kemasan 120ml. Harganya terjangkau Rp 15.000.

Sejarah Pertamina Lubricants sebagai produsen pelumas tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya, Pertamina sudah memasok oli untuk berbagai kebutuhan kendaraan bermotor.

Salah satunya adalah kemampuan Pertamina memproduksi cairan transmisi mesin otomatis yang sesuai dengan kondisi jalan dan iklim Indonesia. Bicara soal kualitas, oli roda gigi Enduro dilengkapi dengan extreme pressure additive yang berfungsi menjaga stabilitas kekentalan oli meski di suhu tinggi.

Minyak dasar Bahan Bakar Golongan III juga digunakan dalam proses pembuatannya, yaitu minyak berkualitas tinggi yang belum banyak digunakan pada produk sejenis di pasaran.

Baca Juga :   Fungsi Komponen CVT Simak Kelebihan & Kekuranganya pada Motor Matic

Pertamina Enduro Gear Oil juga dilengkapi dengan anti wear additive untuk melindungi bagian transmisi motor dari korosi, terutama saat musim hujan dimana gearbox rawan kemasukan air.

Pelumas Pertamina ini juga diuji dalam acara Fastron Enduro Touring for Nation. Oli roda gigi enduro digunakan untuk “melahap” kota-kota di Sumatera, Jawa, dan Bali dengan jarak hingga 5.300 km.

3. Castrol Scooter Gear Oil

Oli roda gigi skuter Castrol juga merupakan salah satu opsi oli gardan terbaik yang dapat Anda gunakan. Keunggulan oli ini adalah efisiensinya yang tinggi dan cocok untuk semua jenis sepeda motor matic.

Cocok untuk motor low-end dan high-end. Menariknya, pelumas ini memiliki kekentalan 80W-90 dan menjanjikan stabilitas pergerakan komponen penggerak motor Anda dan meminimalkan gesekan saat mesin pertama kali dihidupkan.

Bicara soal harga, Castrol Scooter Gear Oil ukuran 120ml sekitar Rp 20.000. Selama proses pembuatannya, Castrol telah melalui proses penelitian dan pengembangan yang panjang.

Tentunya tujuan kami tidak terlepas dari mampu menghasilkan pelumas yang memiliki sifat yang baik dan dapat bekerja dengan baik di bawah beban yang berat. Bahkan saat suhu mesin tinggi.

Oli roda gigi skuter Castrol juga dilengkapi dengan aditif tambahan yang memberikan perlindungan pada komponen girboks. Untuk memiliki umur layanan yang lebih lama.

4. Yamalube Gear Motor Oil

Rekomendasi Oli Gandan Motor

Rekomendasi oli gardan terbaik berikutnya yang bisa Anda gunakan adalah oli roda gigi Yamalube. Terutama cocok untuk pengguna motor matic Yamaha.

Sebagai produsen sepeda motor, Yamaha menawarkan berbagai layanan purna jual. Mulai dari suku cadang, hingga pelumas termasuk oli gardan dan oli mesin untuk sepeda motor matic.

Gunakan oli mesin dan gardan standar pabrikan, tentunya sesuai dengan spesifikasi sepeda motor yang Anda gunakan. Dengan cara ini, kualitas mesin dan gardan menjadi yang terbaik.

Baca Juga :   Apakah Boleh Menaruh HP di Jok Motor?

Oli roda gigi Yamalube diproduksi melalui proses penelitian dan pengembangan yang panjang. Tentunya dengan menggunakan standar pabrik, anda dapat memenuhi kebutuhan motor matic Yamaha yang anda gunakan.

Dari segi kualitas, oli gardan Yamaha menggunakan komponen base oil terbaik, menambahkan zat aditif, serta memiliki komponen anti korosi dan anti busa untuk melindungi bagian transmisi dari keausan selama berkendara.

Harga oli gardan Yamalube juga cenderung dekat dengan masyarakat, dan spesifikasinya relatif lengkap. Tersedia dalam ukuran 100ml, 140ml dan 150ml. Yamalube SG 20W-40 Jaso MB mulai dari Rp 12.000 untuk ukuran terkecil, Rp 15.000 untuk 140ml dan Rp 17.000 untuk 150ml.

5. AHM Scooter Gear Oil

Rekomendasi Oli Gandan Motor

Honda juga menawarkan produk oli gardan terbaik yang bisa Anda gunakan. PT Astra Honda Motor (AHM) juga menjual oli roda gigi skutik full sintetik AHM untuk produk matiknya.

Oli transmisi terbuat dari komposisi oli dasar sintetik dan komponen aditif lainnya untuk memberikan stabilitas oksidasi yang baik.

Keunggulannya, pelumas ini menguap sangat sedikit sehingga performa transmisi tetap optimal. Baik saat pertama kali menyalakan mesin, atau saat Anda meminta putaran mesin naik.

Menurut keterangan pabrikan, oli roda gigi skutik AHM menawarkan indeks viskositas atau indeks kekentalan oli yang lebih tinggi. Perlindungan komponen dengan demikian disediakan pada suhu tinggi, sehingga tingkat keausan komponen dapat ditekan.

Tidak hanya itu, pelumas girboks Honda juga dilengkapi dengan teknologi smartfilm, yang dapat membentuk lapisan tipis pada permukaan komponen untuk meminimalkan gesekan. Aditif ini juga memberikan perpindahan transmisi yang halus dan kebisingan gesekan yang minimal.

Biasanya oli roda gigi skutik AHM tersedia dalam kemasan 120ml dengan harga Rp 17.000. Semoga informasi diatas mengenai oli gardan terbaik tadi bermanfaat untuk anda.

Butuh Aksesoris motor matic? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

admin
adminhttps://aufaproject46.com/
Media Online Otomotif dan modifikasi motor
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments